PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 ENDE
Kata Kunci:
Kemampuan, berpikir, kreatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kreatif kelas X SMK Negeri 7 Ende. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X AP yang berjumlah 23 orang. Data yang diperoleh berupa nilai hasil tes kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif untuk semua indikator di peroleh rata-rata 90,2 % dengan kategori sangat kreatif. Kemampuan berpikir kreatif yang diteliti meliputi berpikir luwes, lancar, original, merinci dan mengevaluasi.
Unduhan
Referensi
Fathur, Rohim, Susanto, H., & Ellianawati. (2012). penerapan model discovery learning pada pembelajaran fisika untuk meningkatan kemapuan berpikir kreatif siswa. unnes physics education journal.
Harso, A., Kwure, K. k., & Ika, Y. E. (2020). pengaruh model pr,belajaran generatif terhadap kreatifitas sains siswa kelas VIII smp swasta ilebura lewotobi. jurnal pendidikan fisika vol 4(1).
Hadma Yuliani, M. R. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Vol 3 No 1 , 48-56.
Hamid Nasrullah (2014) . Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen . Skripsi Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP, Universitas Muhammadiya Purworejo
Iru, La dan Arihi, La Ode Saifun. 2012. Pendekatan, metode, strategi dan model-model Pembelajaran
Jusi Aldeska (2018) . Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Pada Materi Fisika Kelas X Di Sma Yadika Natar
Lina Agustina. 2018. Efektivitas penerapan model pembelajaran dalam kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Delanggu. Jurnal pendidikan Biologi vol 15 No 1, 116-119
Makmur, dan Thahier, R. 2015. Inovasi Kreativitas Manusia. Makassar: PT Refika Aditama.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp). Jurnal Formatif 5(1) , 14-25.
Nike Sri Setiawati, D. D. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Negeri Padang .
Novrita Mulya Rosa, A. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Formatif 6(3) , 175-183.
Rima Buana Prahastiwi, S. H. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia 3 Sma Negeri 6 Malang. jurnal Universitas Negeri Malang .
Sani, R.A., (2017), Penilaian Autentik, Bumi Aksara, Jakarta.
Susiningrum, D. (Volume 06 Nomor 03 Tahun 2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Hang Tuah 1 Surabaya. jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
Sugiyono. (2007) metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta
Tumurun, G. J. (2016). pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sifat-sifat cahaya. jurnal pena ilmiah vol 1, 1.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.