PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PHET TERHADAP MOTIVASI DAN HOTS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.12546Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran IPA berbasis PhET terhadap motivasi dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VII C sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang dilaksanakan di MTs Negeri 4 Banyuwangi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis PhET berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 EduFisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.