PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PHET TERHADAP MOTIVASI DAN HOTS SISWA SMP

Penulis

  • Mega Mega Puspita Sari Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Jember
  • Indrawati Indrawati Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Jember
  • Aris Singgih Budiarso Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.12546

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran IPA berbasis PhET terhadap motivasi dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VII C sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang dilaksanakan di MTs Negeri 4 Banyuwangi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis PhET  berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-15

Cara Mengutip

Mega Puspita Sari, M., Indrawati, I., & Budiarso, A. S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PHET TERHADAP MOTIVASI DAN HOTS SISWA SMP. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 64–71. https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.12546