MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK RINGAN DENGAN PENDEKATAN ILMIAH BERBANTUAN PRODUK SEDERHANA
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.29768Kata Kunci:
Motivasi, Gerakan Rectiliner, Pendekatan Ilmiah, Produk SederhanaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi motivasi belajar siswa pada materi gerak lurus melalui pendekatan saintifik dengan bantuan produk sederhana. Penelitian ini bermula dari permasalahan yang ditemukan pada salah satu SMP di Jombang yang mempunyai tingkat motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan one shot case study yaitu pemberian posttest setelah siswa diberikan treatment. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP yang berjumlah 24 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Data dari guru berupa observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Kemudian data dari siswa berupa hasil posttest yang diberikan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Keterlaksanaan pembelajaran dinilai berdasarkan langkah-langkah dari pendekatan saintifik. Setelah diperoleh data observasi pelaksanaan dan posttest, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk persentase sehingga diketahui kriterianya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP setelah dilaksanakan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik. Hal ini ditunjukkan pada hasil posttest siswa dengan rata-rata 82 dan hasil pelaksanaan pembelajaran saintifik dengan rata-rata 92,5%. Dengan demikian terlihat bahwa salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi gerak lurus adalah dengan menggunakan pendekatan saintifik.
Unduhan
Referensi
Ady, W. N. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa sma terhadap mata pelajaran fisika pada materi gerak lurus beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 104. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599
Ali, M. (2006). Teknik Analisis Kualitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7.
Asmani. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press.
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242
Dani, R., Latifah, N. A., & Putri, S. A. (2019). Penerapan pembelajaran berbasis discovery learning melalui metode talking stick untuk meningkatkan pemahaman konsep gerak lurus. EduFisika, 4(02), 24–30. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6058
Elkarimah, M. F. (2018). Penerapan saintifik pada pembelajaran pendidikan agama islam (SD Islam Bina Insani Muslim Bekasi). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 69–77. https://doi.org/10.30998/sap.v3i1.2740
Handayani, F. (2023). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran ipa sebagai upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IXB SMPN 6 Rejang Lebong. Pendidikan Guru 2023, 4(5). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v4i2
Hasanah, H., Nugraheni, P., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kendala penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran barisan dan deret geometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 16–26. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20663
Hita. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperarif tipe NHT terhadap hasil belajar teknik dasar passing control kaki bagian dalam sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.14784
Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Ar-Ruzz Media.
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi pendekatan saintifik setting kooperatif tipe stad terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332
Mayasari, D. D., Wardianti, Y., & Febrianti, Y. (2019). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 93–103. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.861
Mega Puspita Sari, M., Indrawati, I., & Budiarso, A. S. (2021). Pengaruh pembelajaran ipa berbasis phet terhadap motivasi dan hots siswa smp. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 64–71. https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.12546
Melati, E., Dara Fayola, A., Putu Agus Dharma Hita, I., Muh Akbar Saputra, A., & Ninasari, A. (2018). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran online sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah menengah atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911
Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Panisoara, G., Duta, N., & Panisoara, I.-O. (2015). The influence of reasons approving on student motivation for learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1215–1222. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.382
Putri, I. T., Aminoto, T., & Pujaningsih, F. B. (2020). Pengembangan E-Modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi teori kinetik gas. EduFisika, 5(1), 52–62. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i01.7725
Qurrotul Uyuni, Noer Af’idah, & Fajrul Falah. (2023). Kepraktisan dan efektivitas media flashcard modifikasi pada materi interaksi antar makhluk hidup bagi siswa SMP/MTs. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(01), 947–952. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.4862
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sani, A. H. (2015). Pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik dan kaitannya dengan menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Pendidikan Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 57–62.
Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model problem based learning berbantu alat peraga konsep gerak lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.11-18
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Putu, I., Dharma Hita, A., Razali, G., Lokita, R. D., Dewi, P., & Punggeti, R. N. (2023). Model pembelajaran kooperatif: apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik?. Journal on Education, 6(1), 6261–6269. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3830
Sasomo, B. (2022). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penugasan vidio pada pembelajaran pendekatan saintifik. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 22–29. https://doi.org/10.21137/edumatic.v1i01.451
Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Community of Inquiry. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 473–490. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.995
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R & D. CV. Alfabeta.
Supriyadi, S., Wati, M., Miriam, S., & Sasmita, F. D. (2022). Efektivitas materi ajar gerak lurus bermuatan authentic learning untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 62–71. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i1.19877
Susanti, R. (2019). Sampling dalam penelitian pendidikan. Jurnal Teknodik, 16, 187–208. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.543
Syafitri, D. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika melalui alat peraga pada siswa sekolah dasar. Teacher in Educational Research, 2(2), 63. https://doi.org/10.33292/ter.v2i2.77
Tanjung, R. D. A., Marnita, M., & Malik, A. (2020). Efektifitas pengunaan media/alat peraga sederhana di tengah pandemi terhadap motivasi belajar siswa sma di Desa Kubu Raya. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 48–51.
Tias, D. M., Astalini, A., & Pathoni, H. (2019). Desain media pembelajaran fisika menggunakan software prezi berbasis scientific materi tata surya kelas viii. EduFisika, 4(01), 69–78. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.4523
Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Deepublish.
Wasilah. (2012). Peningkatan kemampuan menyimpulkan hasil praktikum. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 82–90. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2018
Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Qurrotul Uyuni, Noer Af’idah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.