URGENSI PEMBELAJARAN ABAD 21 MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI: TINJAUAN PUSTAKA

Penulis

  • Riska Fitriani Universitas Jambi
  • Rayandra Asyhar Universitas Jambi
  • Bambang Hariyadi Universitas Jambi
  • Haris Effendi Hasibuan Universitas Jambi
  • Muhammad Ahmad Javed Abasyn University

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.30675

Kata Kunci:

Learning, 21st Century, Models, Inquiry Based Learning.

Abstrak

Pendidikan saat ini telah membawa pada pentingnya pembelajaran abad 21. Abad ke-21 mengarahkan kehidupan pada empat pilar, yaitu belajar untuk mengetahui, belajar untuk melakukan, belajar untuk menjadi dan belajar untuk hidup bersama. Keempat pilar tersebut memuat keterampilan khusus yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran seperti keterampilan komunikasi, berpikir kritis, kolaborasi, kreasi dan inovasi, literasi informasi, dan pemecahan masalah. Penelitian ini mengulas tentang pentingnya peran pembelajaran abad 21 dalam model pembelajaran berbasis inkuiri sebagai model pembelajaran yang dapat memecahkan tantangan abad 21. Berdasarkan hasil analisis artikel mengenai model pembelajaran berbasis inkuiri ditemukan bahwa model pembelajaran berbasis inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan pada abad 21 untuk membimbing siswa mencapai empat keterampilan dalam bidang keterampilan. abad ke 21. Model pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang mempersiapkan siswa dalam situasi untuk melakukan percobaan sendiri sehingga mereka dapat berpikir kritis untuk mencari dan menemukan jawaban terhadap suatu permasalahan yang dipertanyakan. Inkuiri memungkinkan siswa mempunyai ruang bebas bagi siswa untuk belajar, namun memberikan batas-batas eksplorasi yang jelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi, W. C., Suwono, H., & Suarsini, E. (2017). Pengaruh guided inquiry-blended learning terhadap literasi sains mahasiswa biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1369-1376.

Aisiyah, L. N. (2014). Peningkatan keterampilan proses sains dasar dengan pendekatan open-inquiry. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI (PPs UNJ), 8.

Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 17(2): 70-84.

Anam, K. (2016). Pembelajaran berbasis inkuiri: Metode dan aplikasi (Cet. ke- 2). Pustaka Pelajar.

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Artayasa, I. P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. (2017). The effectiveness of the three levels of inquiry in improving teacher training students' science process skills. Journal of Baltic Science Education, 16(6), 908.

Artayasa, I. P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. (2018). The Effect of Three Levels of Inquiry on the Improvement of Science Concept Understanding of Elementary School Teacher Candidates. International Journal of Instruction, 11(2), 235-248.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Blessinger, P., & Carfora, J. M. (Eds.). (2015). Inquiry-based learning for multidisciplinary programs: A conceptual and practical resource for educators. Emerald Group Publishing.

Chu, S. K. W., Reynolds, R. B., Tavares, N. J., Notari, M., & Lee, C. W. Y. (2021). 21st century skills development through inquiry-based learning from theory to practice. Springer International Publishing.

Corlu, M. A., & Corlu, M. S. (2012). Scientific Inquiry Based Professional Development Models in Teacher Education. Educational Sciences: Theory and Practice, 12(1), 514-521.

Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179-186.

Ertikanto, C. (2014). Kemampuan Sciencetific Inquiri Guru Sekolah Dasar dalam Perkuliahan Pembelajaran IPA-SD. Jurnal Pendidikan MIPA (Old), 15(1). Fischer, F., Kollar, I., Ufer, S., Sodian, B., Hussmann, H., Pekrun, R., ... & Eberle, J. (2014). Scientific reasoning and argumentation: advancing an interdisciplinary research agenda in education. Frontline Learning Research, 2(3), 28-45.

Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High Schools' Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of instruction, 10(1), 101-116.

Gutwill, J. P., & Allen, S. (2012). Deepening students' scientific inquiry skills during a science museum field trip. Journal of the Learning Sciences, 21(1), 130-181.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013.

Jan, H. (2017). Teacher of 21st century: Characteristics and development. Research on Humanities and Social sciences, 7(9), 50-54.

Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Siregar, N. P. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(1), 40-48.

JeÅ¡ková, Z., LukáÄ, S., HanÄová, M., Å najder, L., GuniÅ¡, J., Balogová, B., & KireÅ¡, M. (2016). Efficacy of inquiry-based learning in mathematics, physics and informatics in relation to the development of students inquiry skills. Journal of Baltic Science Education, 15(5), 559.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.

Lederman, N. G., Lederman, J. S., & Antink, A. (2013). Nature of science and scientific inquiry as contexts for the learning of science and achievement of scientific literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 1(3).

Lee, V. S. (2012). What is inquiry-guided learning?. New directions for teaching and learning, 2012(129), 5-14.

Linn, M. C., & Eylon, B. S. (2011). Science learning and instruction: Taking advantage of technology to promote knowledge integration. Routledge.

Llewellyn, D. (2013). Teaching high school science through inquiry and argumentation. Corwin Press.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan keterampilan abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37-58.

Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu lembar kerja siswa berbasis saintifik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 230-237.

Nashihuddin, W. (2021). Strategi kemas ulang informasi untuk peningkatan pelayanan perpustakaan di era new normal. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 59-78.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., De Jong, T., Van Riesen, S. A., Kamp, E. T., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational research review, 14, 47-61.

Petek, E. (2013). Teacher's beliefs about classroom interaction and their actual practices: a qualitative case study of a native and a non-native English teacher's in-class applications. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 70, 1195-1199.

Putri, F. A., & Subowo, S. (2020). Peran Self Efficacy Memediasi Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru, Fasilitas Belajar dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 972-993.

Samudra, E. Y. A., & Yulkifli, Y. (2019). Analisis Studi Pendahuluan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Inquiry Based Learning Pada Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2).

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik ipa berbasis model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas vii. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(8), 4.

Septiani, D., & Susanti, S. (2021). Urgensi Pembelajaran Inkuiri di Abad ke 21: Kajian Literatur. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Sesunan, F., Nurulsari, N., & Maulina, H. (2021). Penyusunan Unit Pembelajaran Inquiry Based Learning Berorientasi Kemampuan Abad 21. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 312-319.

Shofiyah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Fluida. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 19-28.

Sulistina, O., Dasna, I. W., & Iskandar, S. M. (2012). Penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbuka dan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 17(1), 82-88.

Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142-158.

Syahana, S., & Andromeda, A. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Two Tier Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Siswa SMA/MA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1050-1058.

Tatar, N. (2012). Inquiry-based science laboratories: An analysis of preservice teachers' beliefs about learning science through inquiry and their performances. Journal of Baltic Science Education, 11(3), 248.

Wahyuddin, W. (2017). Headmaster Leadership and Teacher Competence in Increasing Student Achievement in School. International Education Studies, 10(3), 215-226.

Wenning, C. J., & Khan, M. A. (2011). Levels of Inquiry Model of Science Teaching: Learning sequences to lesson plans. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 17-20.

Yahya, U. (2015). Konsep pendidikan anak usia sekolah dasar (6-12) tahun di lingkungan keluarga menurut pendidikan Islam. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2).

Yulianingsih, U., & Hadisaputro, S. (2013). Keefektifan pendekatan student centered learning dengan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2), 1-7.

Yurdani, S., Darmawan, D., & Suryakusumah, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Menganalisis Karya Sastra. Teknologi Pembelajaran, 4(2).

Diterbitkan

2023-12-25

Cara Mengutip

Fitriani, R., Asyhar, R., Hariyadi, B., Hasibuan, H. E., & Javed, M. A. (2023). URGENSI PEMBELAJARAN ABAD 21 MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI: TINJAUAN PUSTAKA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 406–512. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.30675