UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERDISKUSI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X6 SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

Penulis

  • Difa Jefri Oktifia Dewi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • M Hidayat Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Haerul Pathoni Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Pair Check untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi dan hasil belajar fisika siswa di kelas X6 SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berdiskusi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kemampuan diskusi siswa pada siklus I memiliki kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus III menjadi kategori baik. Rerata hasil belajari 74,80 (siklus I)  mengalami peningkatan menjadi 78,67(siklus III). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe pair check dapat meningkatkan kemampuan berdiskusi dan hasil belajar fisika siswa di kelas X6 SMA Negeri 8 Kota Jambi pada pokok bahasan suhu dan kalor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-15 — Diperbaharui pada 2019-12-15

Versi

Cara Mengutip

Dewi, D. J. O., Hidayat, M., & Pathoni, H. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERDISKUSI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X6 SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 80–83. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/5985

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>