Indonesian Journal of Pharma Science https://mail.online-journal.unja.ac.id/IJPS <p>Indonesian Journal of Pharma Science (IJPS) is the official peer-reviewed journal published by Departement of Pharmacy, Faculty of Medicine and Health Science, Universitas Jambi, Indonesia. IJPS is national journal that is dedicated to publish original research and review papers on the all fields of pharmaceutical sciences, clinical and community pharmacy as well as related disciplines that are of topical interest to the pharmacy. The goal of the journal is to provide a platform for scientists and academicians all over the nation to promote, share, and discuss new issues and developments in the different areas of pharmaceutical sciences. The journal published 2 issues per year (July and December).</p> <p>All lJPS's materials are free to be copied and redistributed in any medium or format. However, appropriate credit should be given as a feedback. The material may not be used for commercial purposes.</p> en-US ijps@unja.ac.id (apt. Fitrianingsih, S. Farm.,M.Farm) vinaneldi@gmail.com (apt. Vina Neldi S.Farm.,M.Farm.Klin) Sun, 22 Oct 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Base Learning-PjBL) Pada Mata Kuliah Farmasetika Pada Program Studi Farmasi Universitas Jambi https://mail.online-journal.unja.ac.id/IJPS/article/view/28885 <p>Farmasetika merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara penyediaan obat meliputi kegiatan menghitung dosis obat, preformulasi, seni peracikan, pembuatan sediaan farmasi menjadi bentuk sediaan yang nyaman dan aman digunakan oleh masyarakat. Tujuan penelitian <em>Project Based Learning (PjBL) </em>adalah sebagai salah satu upaya dari dosen untuk melakukan inovasi pembelajaran sehingga Capaian Pembelajaran dapat tercapai dengan baik kepada mahasiswa.Metode penelitian dilakukan dengan cara pelaksanaan kegiatan kemudian diakhir perkuliahan diminta mahasiswa memberikan refleksi dari hasil kegiatan pembelajaran. Hasilnya akan dianalisa secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Project Based Learning (PjBL) </em>memberikan pengaruh yang baik bagi mahasiswa. Dimana mereka setuju dengan penerapan <em>Project Based Learning (PjBL)</em> pada Mata Kuliah Farmasetika mampu memberikan suasana belajar yang baru dan inovatif sebanyak 47,44% mahasiswa setuju dan 23,07% mahasiswa sangat setuju bahwa untuk Mata Kuliah Farmasetika lebih menarik dengan penerapan <em>Project Based Learning</em> (PjBL) serta mahasiswa juga merasa puas dengan hasil penerapan <em>Project Based Learning (PjBL) </em>yaitu nilai sangat tidak puas 0,04%, Tidak Puas 0,34%, Kurang Puas 0,22%, Puas 38,72%, dan Sangat Puas 43,07%.</p> Fathnur Sani K, Uce Lestari Copyright (c) 2023 Fathnur Sani K, Uce Lestari http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://mail.online-journal.unja.ac.id/IJPS/article/view/28885 Sun, 22 Oct 2023 00:00:00 +0700