Indonesian Journal of Sport Science and Coaching https://mail.online-journal.unja.ac.id/IJSSC <p><strong>IJSSC (Indonesian Journal of Sport Science and Coaching) </strong>memberikan fasilitas pada forum ilmiah sebagai wadah untuk bertukar ide serta kajian untuk memperkaya teori, serta praktek kepelatihan olahraga dan Pendidikan Olahraga. <strong>IJSSC</strong> menerbitkan produk jurnal yang berkualitas tinggi, asli dan memiliki keterbukaan yang baik di kepelatihan olahraga, Pendidikan Olahraga, metode kualitatif, kuantitatif dan campuran. <strong>IJSSC</strong> diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan Oktober oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan FKIP, Universitas Jambi. <strong>IJSSC</strong> menerbitkan artikel tentang kepelatihan olahraga, Pendidikan Olahraga, Kurikulum dan Instruksi kepelatihan olahraga, Manajemen olahraga, Evaluasi program latihan dalam olahraga, dan profesi pelatih olahraga.</p> en-US boy.indrayana@unja.ac.id (Boy Indrayana) alisadikin@unja.ac.id (Ali Sadikin) Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Latihan Dengan Visualisasi Media Video Terhadap Keterampilan Lari Jarak 100 Meter Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama https://mail.online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/28091 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dengan visualisasi media video terhadap keterampilan lari jarak jauh 100 meter pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada saat pelaksanaan lari jarak pendek, sangat terlihat siswa belum begitu paham dengan teknik pelaksanaan gerakan lari sehingga hasil yang diinginkan tidak dapat tercapai secara maksimal, padahal berlari dengan teknik yang tepat. akan mampu menambah kecepatan, siswa belum mempunyai daya dorong yang kuat, dan belum mampu memaksimalkan panjang langkahnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dimana penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pengaruh satu variabel independen terhadap satu variabel dependen. Variabel bebasnya adalah latihan dengan visualisasi media video (X) sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan lari jarak 100 meter (Y). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes keterampilan lari jarak 100 meter. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket penelitian pretest dan posttest keterampilan lari jarak 100 meter siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil analisis data, nilai signifikansi pelatihan keterampilan lari jarak jauh 100 meter pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi dengan visualisasi media video sebesar 0,000, maka nilai signifikansi tersebut &lt; 0,05 yang berarti terdapat perbedaan. yaitu terdapat pengaruh yang signifikan hasil latihan menggunakan visualisasi media video terhadap keterampilan lari 100 meter siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Selanjutnya persentase peningkatan yang diperoleh pada saat latihan dengan visualisasi media video meningkat sebesar 7,4%.</p> Henny Romaito Sitepu, Ely Yuliawan Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Sport Science and Coaching https://mail.online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/28091 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700