Pengaruh Call Center, M-Banking dan Biaya Admin terhadap Loyalitas Nasabah BSI Kota Jambi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jief.v6i1.41705Keywords:
M-Banking, Biaya Admin, BSI, Call Center, Customer LoyalityAbstract
Perkembangan teknologi perbankan mendorong inovasi layanan, termasuk Call Center, mobile banking (M-Banking), dan biaya administrasi untuk meningkatkan kepuasan nasabah. Layanan ini memungkinkan nasabah mengakses informasi, melakukan transaksi, dan menyelesaikan masalah secara efisien tanpa harus datang ke kantor cabang. Namun, biaya administrasi juga memengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah terhadap bank. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Call Center, M-Banking, dan Biaya Admin terhadap loyalitas nasabah, jumlah responden dari penelitian ini yaitu sebanyak 98 responden, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner berbasis skala likert dan data diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Call Center tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Sebaliknya, M-Banking dan Biaya Admin memiliki pengaruh signifikan. Uji simultan menunjukkan variabel Call Center, M-Banking, dan Biaya Admin secara bersama-sama memengaruhi loyalitas nasabah, Penelitian ini menggaris bawahi pentingnya optimalisasi M-Banking dan kebijakan biaya administrasi untuk meningkatkan loyalitas nasabah di sektor perbankan.
Downloads
References
Angrumsari, M. (2019). Pengaruh Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Call Center Terhadap Loyalitas Nasabah Bank. Journal of Business Economics, 24(2), 207-215. https://doi.org/10.35760/eb.2019.v24i2.1910.
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Pengertian Mahasiswa. Jurnal Universitas Medan Area, July, 29–30.
Bank Syariah Indonesia. (2024). Bank Syariah Indonesia: Informasi Perusahaan dalam https://www.bankbsi.co.id/
Heri Setiawan. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai DanKepercayaan Terhadap Kepuasan Dan LoyalitasPengguna Layanan Mobile Banking. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 20(3), 518–528
Palupi Permata Rahmi, Nur Aryanti, A., & Abdul Aziz, D. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 710–722. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660
Ramdani, R. (2019). Kualitas produk dan Kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen pada produk cabang Bandung Indah Plaza (BIP). Jurnal Artikel, 2019, 13–31. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3834/8/13.UNIKOM_RICKYRAMDANI_BABII.pdf
Risal, T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Bmt Kampoeng Syariah. JMB (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(1). https://doi.org/10.30743/magister.v1i1.1607
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Pengertian Pengaruh, Motivasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.
Sudarta. (2022). Pengertian Nasabah. 16(1), 1–23
Yulindawati, Tarigan, I. R. R., & Muhammad Ferdian, A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan biaya administrasi terhadap kepuasan nasbaah tabungan faedah pada BRI Syariah Cabang Banda Aceh. JIMEBIS –Scientific Journal of Students Islamic Economics and Business, 3, No. 1(1), 5.
Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chealsy Amanda, Rafiqi, Yusuf Zaini Aprizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.