Pelatihan Keterampilan Masyarakat Desa Boja Kota Semarang Dalam Bidang Pengelolaan Pemasaran

Authors

  • Leonardo Budi Hasiholan Fakultas EkonomiUniversitas Pandanaran Semarang
  • Dheasey Amboningtyas Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13841

Abstract

Masyarakat pengrajin dalam tingkatan usaha home industri di era persaingan bebas ini mengalamikesulitan memasarkan hasil produksinya. Kesulitan ini dikarenakan pemahamannya yang minim terhadap prisip dasar dan proses pemasaran kompetitive yang berorientasi kepada pasar, akibatnya banyak masyarakat pengrajin tidak melalukan produksi lagi bahkan cenderung menjadi pengangguran.Tujuan utama dalam pelatihan keterampilan pengelolaan pemasaran ini adalah memberikan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip dasar dan proses pemasaran berkesinambungan, sehingga disamping mengiatkan iklim usaha di masyarakat juga akhirnya pelaku usaha mempu memproduksi produk yang dapat diserap oleh pasar tanpa harus menunggu adanya pesanan.Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini bentuknya berupa diskusi dan dialog, penjelasan prinsip dasar dan proses pemasaran barang dan jasa, konsultasi personal antara pelaku usaha dengan praktisi dan tim atas produk yang dihasilkan.Pelaksanaan pengabdian ini sesuai dengan kebutuhan dan kesulitan para pelaku usaha di masyarakat wilayah Desa Boja, oleh sebab itu antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dengan alasan keinginan mereka agar berhasil dalam memasarkan usahanya. Keberhasilan kagiatan usaha bagi masyarakat akan mendorong penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan, dan sangat potensial memicu lahirnya pelaku usaha baru dari masyarakat setempat terutama pada tingkat usia produktif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Pelatihan Keterampilan Masyarakat Desa Boja Kota Semarang Dalam Bidang Pengelolaan Pemasaran. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 127-133. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13841