This is an outdated version published on 2019-06-21. Read the most recent version.

Pelatihan Pembuatan Artikel Menembus Jurnal Nasional dan Internasional di SMA N 11 Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7015

Keywords:

Pelatihan, Artikel, SMAN 11 Muaro Jambi

Abstract

Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara bertahap, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dalam kegiatan persiapan dilakukan dalam bentuk rapat persiapan di internal tim pengabdian meliputi persiapan materi, penentuan pemateri dan target yang akan dicapai. Selanjutnya tahap pelaksanaan yaitu pelatihan tentang penulisan artikel, pemberian motivasi, dan praktek penulisan artikel. Pelatihan dilakukan sesuai kesepakatan waktu antara tim pengabdian dan guru-guru di sekolah. Kegiatan Pelatihan telah dilakukan pada tanggal 14 agustus 2018 bertempat di aula SMA N 11 Muaro Jambi. Tahap terakhir adalah tindak lanjut dari pelatihan yaitu pendampingan penulisan artikel hingga artikel guru-guru SMA N 11 Muaro jambi dapat dimuat di Jurnal Nasional maupun Internasional. Hasilnya guru SMA N 11 Muaro Jambi telah berhasil menulis artikel dan dipublikasikan di Jurnal terakreditasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2009. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Harli Trisdiono. 2015. Analisis Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Jurnal LPMP Yogyakarta.

Sukarno. 2016. Kendala Dan Upaya Pengembangan Keprofesian Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Penulisan Karya Ilmiah. Solo: Jurnal FKIP UNS.

Sumadi Suryabrata. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suwardi. 2011.Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Pegawai (studi pada pegawai Setda Kabupaten Pati). Semarang: Jurnal Analisis Manajemen.

Zainal. 2017. Pelatihan karya ilmiah terpublikasi. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Madrasah.

Uno, H.B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukuran (analisis dibidang pendidikan). Bumi Aksara. Jakarta

Sadikin, A. 2017. Dasar-dasar dan proses pembelajaran biologi. Jambi: CV Salim Media Indonesia

Sadikin, A. 2018. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi. Jambi: CV. Salim Media Indonesia

Nurdin, D dan Sibaweh Imam. 2015. Pengelolaan Pendidikan Dari Teori menuju Implementasi. Jakrata: RajaGrafindo Persada

Taniredja, T. Faridli, E.M, Harmianto, S. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Cetakan Ke-7. Bandung: Alfabeta.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dahar.R.W.2016. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Syah Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Cetakan ke -19. Bandung: PT. REMAJA ROSDA KARYA.

Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Suryani N, Setiawan A, Putria A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wena M. 2016. Cetakan ke Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional -10. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mudlofir A dan Rusydiyah, E. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, Iskandar D, Aryani W.D. 2017. Revoluasi dan Inovasi Pembelajaran sesuai standar proses. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sadikin, Ali. 2015. Hubungan EQ (Emotional Quotient) dengan Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Biodik Volume 1 Nomor 1 Hal 50 – 61. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/biodik/article/view/3348

Sadikin, Ali. 2016. Penerapan Asesmen Berbasis Portofolio Dan Jurnal Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Biologi. Jurnal Biodik Volume 2 Nomor 2 Hal 50 – 61. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/biodik/article/view/4907/3354

Sadikin, Ali. 2017. Pengaruh Penerapan Strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap Hasil belajar Mata Kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Jurnal Biodik Vol 3 Nomor 2 Hal 74-82. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/biodik/article/view/4907

Downloads

Published

2019-06-21

Versions

How to Cite

Pelatihan Pembuatan Artikel Menembus Jurnal Nasional dan Internasional di SMA N 11 Muaro Jambi. (2019). Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 67-73. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7015