Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Emosi dengan Hasil Belajar IPS Kelas IV Di SD Negeri Tenjolahang 1 Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten: Penelitian kuantitatif Korelasional Pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.28968Keywords:
motivasi berprestasi, kecerdasan emosi, hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji seberapa besar hubungan antara motivasi berprestasi dan kecerdasan emosi dengan basil belajar IPS siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tenjolahang 1. Instrumen terkait motivasi berprestasi dan kecerdasan emosi berupa angket. Metode analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dapat ditarik kesirnpulan sebagai berikut: Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar JPS kelas TV. Hal ini berdasarkan basil uji t diperoleh nilai thitung yaitu sebesar 33.150, nilai tersebut lebih besar dari nilai tabel pada taraf nyata 0.05 dengan df= 28 yaitu sebesar 2.04 dengan nilai determinasi sebesar 0.987 sehingga motivasi berprestasi memberikan kontribusi terhadap hasil belajar JPS sebesar 97.8%. Terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dengan basil belajar IPS kelas IV. Hal ini berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thi1ung yaitu sebesar 16.300, nilai tersebut lebih besar dari nilai trnbel yaitu sebesar 2.04 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00<0.05 dengan nilai determinasi sebesar 0.951 sehingga kecerdasan emosi memberikan kontribusi terhadap hasil belajar JPS sebesar 90.5%. Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan kecerdasan emosi secara bersama-sama dengan hasil belajar JPS kelas TV. Hal ini berdasarkan hasil uji t masing-masing variabel adalah sebesar I 0.409 dan 2.876 kedua nilai tersebut nilai tiabcl yaitu 2.01 dan diperoleh nilai signifikansi 0.00<0.05. Melalui persamaan regresi linear Y=4.11 +0.794+0.201 dibuktikan bahwa basil belajar JPS meningkat sebesar 0.794 atau 79.4%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dede Miya Wijayanti, Sholeh Hidayat, Ajat Sudrajat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
-
Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
-
The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
-
The right to reproduce the article for own purposes,
-
The right to self-archive the article (please read out deposit policy),
-
The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this jurnal sains sosio humaniora.