Konstruksi Komunikasi Gerakan Istiqomah Sedekah (GIS) dalam Meningkatkan Musaddiq di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.22437/jssh.v8i1.36556Keywords:
Gerakan Istiqomah Sedekah, Konstruksi Komunikasi, Komunikasi PemasaranAbstract
Artikel ini membahas konstruksi komunikasi dalam Gerakan Istiqomah Sedekah (GIS) sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan Musaddiq di Kota Medan. Dalam konteks ini, teori konstruktivisme menjadi landasan untuk memahami bagaimana pesan-pesan GIS dibangun dan dipahami oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan fenomenologis yang mengacu pada teori media ekologi. Hasil temuan memaparkan terdapat perbedaan pengetahuan tentang sedekah dikalangan masyarakat Kota Medan. Oleh karena itu, konstruksi komunikasi GIS dalam upaya meningkatkan musaddiq di Kota Medan adalah menggunakan pesan-pesan komunikasi yang menekankan nilai-nilai keagamaan, sosial, dan kemanusiaan dari GIS memiliki resonansi yang kuat di kalangan masyarakat. Pesan-pesan yang menekankan keberlanjutan, transparansi, dan dampak positif dari sedekah juga terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam gerakan tersebut.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ocha Meydiana, Hasan Sazali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.