Analisis Spasial Cakupan Wilayah Layanan Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Baru Jambi
Keywords:
Buffer , Elementary School, Kota Baru, JambiAbstract
Kecamatan Kota Baru merupakan salah satu kecamatan dengan aktivitas tinggi di Kota Jambi. Pertumbuhan penduduk setiap tahunnya tentu harus diimbangi dengan pelayanan fasilitas publik yang layak, serta mampu melayani seluruh masyarakat yang berdomisili di kecamatan tersebut. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis dan menghitung jumlah rumah yang terlayani fasilitas publik berupa Sekolah Dasar (SD) yang terdapat di Kecamatan Kota Baru Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam riset ini adalah deskriptif spasial dengan teknik analisis spasial buffering cakupan wilayah yang dilayani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jarak 1000 meter maka jumlah hunian yang terlayani adalah 4.376 unit rumah, dengan jarak layanan 750 M akan terlayani sebanyak 3.833, sedangkan dengan jarak layanan 500 Meter maka jumlah rumah terlayani hanya mencapai 2.636 rumah. Berdasarkan hasil 3 kategori analisis buffer sesuai standar pelayanan fasilitas pendidikan, ternyata terdapat sebanyak 262 unit rumah yang tidak termasuk dalam kategori terlayani fasilitas Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Kota Baru Kota Jambi Propinsi Jambi.
Â
Downloads
References
Andrienko N., Andrienko G. 2013. A visual analytics framework for spatio-temporal analysis and modelling. Data Min. Knowl. Dis., 27 (1), 55-83,
Aqli, W. 2010. Analisis Buffer dalam Sistem Informasi Geografis untuk Perencanaan Ruang Kawasan. INERSIA, 6 (2), 192-201
Caitlin Dempsey (2019) Buffers in GIS, Spatial Analysis. https://www.gislounge.com/buffers-in-gis/ (aksess, Oktober 2021).
DeMers, Michael N. 2009. GIS For Dummies. Indianapolis: Wiley Publishing Inc.
Harjanti IM, Aulianingtyas S. (2020). Identifikasi Jangkauan Pelayanan Fasilitas Publik di Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung. BHUMIPHALA, Jurnal Pengembangan Daerah.
Lotfi, S., Koohsari, M.J. 2009. Analyzing Accessibility Dimension of Urban Quality of Life: Where Urban Designers Face Duality Between Subjective and Objective Reading of Place. Soc Indic Res 94, 417–435.
Pancarrani, GP., Pigawati, B. 2014. Evaluasi Kesesuaian Lokasi dan Jangkauan Pelayanan Sekolah Menengah Umum di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karang Anyar. Geoplanning: Journal of Geomatics and Planning, vol. 1 - 2, 65-73.
Pengdong dkk (2003). An effective buffer generation method in GIS. IEEE International Geoscience and Remote Sensing Symposium. Proceedings. IEEE International Geoscience and Remote Sensing Symposium. - Toulouse, France (21-25 July 2003). IGARSS.
Prahasta, Eddy. 2002. Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Informatika. Bandung
Prahasta, Eddy (2014). Sistem Informasi Geografis (Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika) Edisi Revisi. Informatika – Bandung.
Vasiliev, I.R., (1997). Mapping Time. Monograph 49, Cartographica 34.2
Badan Standarisasi Nasional. 2004. SNI 03-1733-2004 tata cara perencanaan lingkungan perumahan di perkotaan
Badan Standarisasi Nasional. 1989. SNI 03-1733-1989, Tata cara perencanaan kawasan perumahan kota
https://pro.arcgis.com/en/pro-app/latest/tool-reference/analysis/clip.htm
https://pro.arcgis.com/en/pro-app/latest/tool-reference/analysis/buffer.htm
UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (SISDIKNAS)
UU Nomor 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 harmes1 harmes, Fetty Febriasti Bahar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).