Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran 9E Learning Cyccle at Home Melalui Pembelajaran Daring

(Profile of Students’ Science Process Skills Using the 9E Learning Cycle at Home Learning Model Through Online Learning)

Authors

  • Dissa Thami Putri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Setiono Setiono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Billyardi Ramdhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13718

Abstract

This study aims to analyze the science process skills of students before and after the application of the 9E Learning cycle at home model through online learning on the subject of environmental pollution. This research uses an experimental method and this type of reseach uses a pre-experimental design. The instrument used was a science process skills test in the form of 14 multiple choice questions with 6 indicators of science process skills, namely 1) observing, 2) classifying, 3) measuring, 4) communicating, 5) concluding, 6) predicting. The population in this study was class VII semester 2 MTs Persatuan Islam Academic Year 2020/2021, with 21 female and 7 male students. The results showed that there was a significant difference in the students scicence process skills from before and after the 9E Learning Cycle at Home model was applied through online learning. The average percentage of N-Gain in increasing the achievement of students science process skills, which is 84%, is included in the high category. The highest percentage of N-Gain is obtained in indicator 4, which is 97%, while the lowest is in indicator 2, which is 71%, and the science process skills achieved by female students are superior to men, namely 94%:90%. This shows that learning about environmental pollution using the 9E learning cycle at home model through online learning can improve students science process skills and is useful for the continuity of the learning process.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains peserta didik sebelum dan setelah penerapan model 9E Learning Cycle at Home melalui pembelajaran daring pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penilitiannya menggunakan pre-eksperimental design. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berupa soal pilihan ganda sebanyak 24 soal dengan 6 indikator keterampilan proses sains yaitu 1) Mengamati, 2) Mengklasifikasi, 3) Mengukur, 4) Mengomunikasikan, 5) Menyimpulkan, 6) Memprediksi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII semester 2 MTs Persatuan Islam Tahun Ajaran 2020/2021, dengan peserta didik berjumlah 21 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Hasil penelitian bahwa adanya perbedaan signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik dari sebelum dan setelah diterapkan model 9E Learning Cycle at Home melalui pembelajaran daring. Rata-rata persentase N-Gain peningkatan ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik yaitu 84% termasuk dalam kategori tinggi. Persentase N-Gain tertinggi didapat pada indicator 4 yaitu sebesar 97% sedangkan terendah pada indicator 2 yaitu 71%, dan keterampilan proses sains yang dicapai peserta didik perempuan lebih unggul dari laki-laki yaitu 94% : 90%. Hal ini menunjukkan dalam pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan menggunakan model 9E Learning Cycle at Home melalui pembelajaran daring dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dan berguna untuk keberlangsungan proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Mulyana. (2020). Pengertian penelitian eksperimen dan karakteristik penelitian eksperimen. Pengertian Penelitian Eksperimen Dan Karakteristik Penelitian Eksperimen. https://ainamulyana.blogspot.com/2019/07/pengertian-penelitian-eksperimen-dan.html

Adilah, D. N., & Budiharti, R. (2015). Model Learning Cycle 7E Dalam Pembelajaran IPA Terpadu.

Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, 6, 212–217.

Ai Hayati Rahayu & Poppy Anggraeni. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 2, 22– 33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Andani, M., & Utami, L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 54. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7114

Buwono, iffah S., Kartono, & Asih, T. S. N. (2020). Peran Kid- Friendly “ Rubrics †dalam Model Pembelajaran 9E Learning Cycle Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 621–625.

Dewi, N. P. S. R., Wibawa, I. M. C., & Devi, N. L. P. L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Siklus Belajar 7E Berbasis Kearifan Lokal. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 125–133. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9476

Ganda Noor Andaru, M. Rendi Astono Sentosa, D. S. et al. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. JPFS, 7(1), 51–55. https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13507

Gusty, S. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hamdani. (2017). Deskripsi Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(1), 43–51.

Kemendikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia. Kemendikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. http://abpptsi.org/2020/12/peta-jalan-pendidikan-indonesia-2020-2035/

Lesmana Sari, E., Billyardi Ramdhan, & Sistiana Windyariani. (2020). Beban Kognitif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Berbantuan Prezi Application. Biodik, 6(3), 233–243. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9840

Ngalimun, Muhammad Fauzani, A. S. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. Strategi Dan Model Pembelajaran, Yogyakarta : Aswaja Pressindo, 145. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1152879

Niko Ramdhani. (2020). Pentingnya Memahami Fungsi dan Tujuan dari Pendidikan. https://www.akseleran.co.id/blog/pendidikan-adalah/

Nirmalasari, Santiani, H. M. R. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS, 4(3), 74–94.

Nurbani, D., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sd Kelas Iv Pada Materi Hubungan Antara Sifat Bahan Dengan Kegunaannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 211–220. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3301

P. Kaur & A. Gakhar. (2014). 9E model and e-learning methodologies for the optimisation of teaching and learning. Innovation and Technology in Education (MITE). IEEE International Conference. https://www.semanticscholar.org/paper/9E-model-and-e-learning-methodologies-for-the-of-Kaur- Gakhar/a0320baf669ada925c8b708cc7bac1397d8e5d8e

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Rahmah, Y., Muh. Nasir, & Nikman Azmin. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi, 1337, 40–46. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/296

Saraç, H. (2018). The Effect Of Learning Cycle Models Usage On Students’ Permanence Of The Learned Information: A Meta-Analysis Study. Kastamonu Eğitim Dergisi, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.24106/kefdergi.413322

Sayuti, I., Rosmaini, S., & Andayannhi, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–11.

Setiono, S., Nuranti, G., & Agustini, M. M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aktivitas Saintifik Dan Visualisasi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1). https://doi.org/10.26714/jps.8.1.2020.27-31

Setiono, S., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., & Anggraeni, S. (2019). Student’s inquiry skills and learning achievement in plant anatomy practical work using open-guided inquiry. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 6–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022089

Suardana, I. N., Redhana, I. W., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamat, I. N. (2018). Students’ critical thinking skills in chemistry learning using local culture- based 7E learning cycle model. International Journal of Instruction, 11(2), 399.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, 22. https://doi.org/Bandung: Rosdakarya

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Syarifah, H., Indriwati, S. E., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) Dipadu Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Laki-Laki dan Perempuan SMA Di Kota Malang. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 801–805.

Tukiran, Mubarokah, F. A., & Nasrudin, H. (2020). Improvement of Self-Efficacy and Student Learning Outcomes on Acid Base Material Using 9E Learning Cycle Model. 196(Ijcse), 199–202. https://doi.org/10.2991/aer.k.201124.037

Yaman, S., & Karaşah, Ş. (2018). Effects of Learning Cycle Models on Science Success : a Meta-Analysis Issn 1648-3898 Issn 2538-7138. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 65–83.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Putri, D. T., Setiono, S., & Ramdhan, B. . (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran 9E Learning Cyccle at Home Melalui Pembelajaran Daring: (Profile of Students’ Science Process Skills Using the 9E Learning Cycle at Home Learning Model Through Online Learning) . BIODIK, 7(3), 164-175. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13718