Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Melalui Aplikasi Zoom Terhadap Berpikir Kritis dan Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran IPA DI SMP Negeri 1 Ujan Mas
(The Effect of Problem-Based Learning Model (PBM) Through the Zoom Application on Students' Critical Thinking in Science Learning at SMP Negeri 1 Ujan Mas)
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.13955Abstract
The critical thinking ability of students in science learning is still low. This study aims to determine the effect of the problem-based learning model (PBM) through the zoom application on students' critical thinking in science learning at State Junior High Schools. The research method used in this research is Quasi Experiment. With pretest and posttest experimental group design. The population in this study were all seventh grade students of SMP Negeri 1 Ujan Mas in the 2020/2021 academic year with a sample of 2 classes, namely class VII.1 as a control class using conventional learning and class VII.2 as an experimental class using a problem-based learning model. , each class consists of 30 students. Collecting data using essay tests to measure students' critical thinking skills. The results showed that there was a significant effect from the application of the problem-based learning model through the zoom application on the critical thinking skills of SMP Negeri 1 Ujan Mas students and on students' perceptions that they were in the medium category.
Abstrak. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA masih rendah. Penelitian ini bettujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) melalui aplikasi zoom terhadap berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA Di SMP Negeri. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen. Dengan desain pretes dan postest experimental group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ujan Mas Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII.1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui aplikasi zoom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Ujan Mas dan pada persepsi siswa masuk kedalam kategori sedang.
Downloads
References
Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquri/Discoveri. Jurnal Euclid. Vol. 3 Nomor 1
Anggareni, N, W. Dkk. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Jounal. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3
Ainurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Bandung
Aprilia,D.A. (2020).Efektivitas Penggunaan Media Belajar dengan Daring di Tengah Pandemi Covid-19.Prosiding Web-Seminar Nasional. Universitas Negeri Malang Hal. 129-135
Argubi, A.H. (2020). Transformasi Pendidikan Di Tengah pandemi Covid-19 dan Revolusi Industri 4.0 (Online), (https://kahaba.net/opini/76985/transformasi pendidikan ditengah pandemi-covid-19-dan-revolusi-industri-4-0.html), diakses pada 08 November 2020.
Asrianengsi, S. Irwandi. Kasmirudin. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri Kota Bengkulu, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Hal 221-228.Djamarah, S, B. dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Ennis, R. (1995). Critical Thingking Ilionis. University Of Illions
Puspita. E, Irwandi, Tomi Hidayat. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Inkuiri Di SMAN 2 Kepahiang. Prosiding Seminar nasional sains dan enterpreneurship VI tahun 2019.
Fatmawati, E, T. Dkk. (2018). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA di Tinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika Vol. 2 Hal. 162-171
Filoza, A. (2019). Pemanfaatm TIK Portal Rumah Belajar Sebagai Media Interaksi Guru-Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif dan Sikap Siswa Di SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah. Program Pascasarjana. Univerisitas Muhammadiyah Bengkulu
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Suatu Pengantar. Erlangga. Jakarta
Hanafy, M, S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. Lentera Pendidikan. Vol. 17. No 1. Juni 2014
Hartini. Dkk. (2015). Pengembangan Higher Order Thingking Multiple Choice Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1 No. 1. April 2015
Hasan, R. Syatriandi, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 06 Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS III.
Herlina, S. Jayanti Syahfitri. Ilista. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual, Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan. Vol. 5, No. 01 (2020), Hal. 42 – 54.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Infromasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 2. No 2. Hal 184-192
Ibrahim, M. dkk. 2000. Pengajatan Berdasarkan Masalah. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA. Surabaya
Ibrahim,A.M. (2020). Foto : Kisah Pendidikan Di Masa Pandemi. (Online), (https://katadata.co.id/donangwahyu/foto/5f684bc911521/foto-kisah-pendidikan-di-masa-pandemi), diakses pada 12 September 2020
Irwandi. (2020). Strategi Pembelajaran Biologi. Pustaka Reka Cipta. Jakarata
Isnaeny. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Program Study Pendidikan Biologi UMS Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Ismawati, D. dkk. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting Pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5
Kelana.I. (2020). Covid19 dan Potret Pembelajaran Bebasis E Learning. (Online), (https://republika.co.id/berita/q8gkaa374/covid19-dan-potret pembelajaran-berbasiselearning), diakses pada 10 November 2020
Kusuma, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Vol. 1 Hal 37
Kurniawati, A. dkk. (2015). Penyusunan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk PBL dan Keefektifannya Terhadap CTS Peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 1. No 1. April 2015
Mulyadi, S.2020. Covid19 dan Revolusi Pendidikan. (Online).(https://www.beritasatu.com/opini/6761/covid19 danrevolusi-pendidikan), diakses pada 8 November 2020.
Mutiara, D.A. (2020). Aplikasi Zoom Populer Sejak Pandemi Covid-19, untuk Keamanannya lakukan 3 hal ini. (online),(https://wartakota.tribunnews.com/2020/04/03/aplikasi-zoom-populer-sejakpandemi-covid-untuk-keamanannya-lakukan-3-hal-ini), diakses pada 08 November 2020
Nasrijal, F. (2019). Penggunaan Media Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Konsep Fluida Statis Di MAN 3 Kota Banda Aceh. Univeristas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh
Nuryadi, Peni Rahmawati. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa, Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 3, No 1, Oktober 2018.
Purwandari. Dkk. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berorientasi Sets pada materi Listrik dinamis untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis Siswa. Vol. 2 No. 2. Juli 2014
Rahmawati, I. Dkk. (2016). Analisa Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang Vol. 1
Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO. Vol. 8. No 2. Hal 191
Sari, D.D. (2012).Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas Kelas VIII SMPNegeri 5 Sleman. Yogyakarta: Skripsi tidak diterbitkan FMIPA UNY
Sari, D,S. dkk. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 1. No.2. Oktober 2015
Sujatmika, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Di tinjau Dari Gaya Belajar dan Kemandirian. Jurnal Sosiohumaniora. Vol.2. No.1. Januari. 2016
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. bandung
Sudjana. (2002). Metode Statistik. Tarsito . Bandung
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta
Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tri Sutrisno, Irwandi Irwandi, Rusdi Hasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).