Pengembangan Modul Praktikum Anatomi dan Fisiologi Hewan Berbasis Inquiry Terbimbing untuk Keterampilan Kerja Ilmiah

(Development of Animal Anatomy and Fisiology Prakticum Module on Guided Inqury Based for Scientific Work Skills)

Authors

  • Mustika Sari IKIP PGRI PONTIANAK
  • Herditiya Herditiya

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16060

Abstract

The purpose of this research is to develop a guided inquiry-based animal anatomy physiology practicum module to complement the previous practicum module, and to become one that can provide information to practitioners, and can improve students' scientific work attitude in carrying out practicals. The formulation of the problem that can be taken is knowing the validity of the module and the readability of the practicum module. This research uses the ADDIE development model, which consists of five stages, namely analyzing, designing, developing, implementing, and evaluating. The results of the validation of the practicum module by experts to have a percentage of 83.84%, and the readability of the module by 85.20%, so it can be concluded that the guided inquiry-based animal anatomy and physiology practicum module are feasible to use and can be implemented according to students' scientific work. In conclusion, the guided inquiry-based animal anatomy and physiology practicum module can be used and implemented in practical activities in accordance with scientific work principles.

Key words: Practice module , Anatomi fisiologi hewan,Guide inquiry

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan modul praktikum anatomi fisiologi hewan berbasis inquiry terbimbing untuk melengkapi modul praktikum sebelumnya, dan menjadi yang dapat memberikan informasi kepada praktikan, serta dapat meningkatkan sikap kerja ilmiah mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum. Rumusan masalah yang dapat diambil yakni mengetahui validitas modul dan keterbacaanmodul praktikum,  Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu menganalisis, merancang, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi modul praktikum oleh ahli memiliki persentase sebasar 83,84%, dan keterbacaan modul sebesar 85,20%, sehingga dapat disimpulkan modul praktikum anatomi fisiologi hewan berbasis inquiry terbimbing layak digunakan dan dapatdi implemetasikan sesuai kerja ilmiah mahasiswa. Kesimpulannya modul praktikum anatomi fisiologi hewan berbasis inquiry terbimbing dapat digunakan dan diimplementasi pada kegiatan praktikum sesuai dengan kaidah kerja ilmiah.

Kata kunci: Modul Praktikum, Antanomi fisiologi hewan, Inquiry terbimbing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Dan Cepi S. A. J. (2010). Evaluasi Dalam Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan, Bumi Aksara.Jakarta.

Hasminar Rachman Fidiastuti, Kardiana Metha Rozhana. 2016. Engembangan Modul Matakuliah Mikrobiologi Melalui Biodegradasi Memanfaatkan Potensi Bakteri Indigen Developing Modul Of Microbiology Subject Through Biodegradation By Using The Potencial Of Indigen Bacteria. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Vol 2(2): 125-132.

Haris Mahmudi, Ah. Sulhan Fauzi. 2018. Pengembangan Modul Praktikum Fisika Dasar Berbasis Problem Solving. Seminar Nasional Multidisiplin, Unwaha Jombang, 29 September 2018.

Lawedalu, J.J., Mustami, M.K., & Hartanti. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran

Biologi Berbasis Inquiri Pada Materi Teori Evolusi Sma Kelas Xii Ipa Sma Negeri 1 Kabupaten Maluku Barat Daya. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, Inovasi Pembelajaan Dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi Alam, Makassar Tanggal 5 Mei 2018.

M. Nurhudayah, Albertus Djoko Lesmono, Subiki, Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Pembelajaran Fisika Sma Di Jember (Studi Pada Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis). Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.5 (1): 82-88.

Riduwan. (2008). Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Salmeri Asrianengsi, Irwandi, Kasmiruddin (2018), Pengembangan Modul Praktikum Biologi Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peseta Dididk Sma Negeri Kota Bengkulu, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Juni 2018.

Sitorus, H.H., Hasrudidin, & Edi, S. 2017. The Influence Of Inquiry Learning Model On Student’s Scientific Attitudes In Ecosystem Topic At Mts. Daarul Hikmah Sei Alim (Islamic Junior High School) Asahan. International Journal Of Humanities Social Sciences And Education, Vol 4(11):170-175.

Triana Asih, M. Khayuridlo, Rasuane Noor, (2018). Pengembangan Modul Praktikum Botani Tumbuhan Rendah Melalui Identifikasi Makroalga Kawasan Pesisir Barat Lampung, Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Vol 2 (2): 93-102.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Sari, M., & Herditiya, H. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Anatomi dan Fisiologi Hewan Berbasis Inquiry Terbimbing untuk Keterampilan Kerja Ilmiah: (Development of Animal Anatomy and Fisiology Prakticum Module on Guided Inqury Based for Scientific Work Skills). BIODIK, 8(1), 142 - 148. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16060

Issue

Section

Articles