Uji Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Evolusi Kelas XII di SMA Negeri 4 Wajo

(Effectivity Testing of Higher Order Thinking Skills-Oriented Student Worksheet on Evolution Subject For Grade 12nd at SMAN 4 Wajo)

Authors

  • Nurhidaya Nurdin State University of Makassar
  • Adnan State University of Makassar
  • Abd. Muis State University of Makassar

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.18678

Abstract

The purpose of this study is to find out the effectiveness of hots-oriented Student Worksheets (LKPD) that have been developed. This research is development research with reference to the ADDIE development model. This research was carried out at SMA Negeri 4 Wajo with a research sample, namely 30 students of class XII MIPA Collaboration. Based on the results of the study, it can be stated that the HOTS-oriented LKPD developed is effective, it can be seen from the number of students who achieved the KKM value of 25 people with a percentage classically of 83.33% so that it was declared effective.

Key words: effective, LKPD, HOTS, Evolution

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi HOTS yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Wajo dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XII MIPA Kolaborasi sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dinyatakan bahwa LKPD berorientasi HOTS yang dikembangkan bersifat efektif, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang mencapai nilai KKM sebanyak 25 orang dengan persentase secara klasikal sebesar 83,33% sehingga dinyatakan efektif. 

Kata kunci: efektif, LKPD, HOTS, Evolusi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, & Arsad B. 2018. Beyond Effective Teaching: Enhancing Student’s Metacognitive Skill Through Guided Inquiry. Journal Of Physics: Conference Series 954 012022: 1-5.

Adnan, Arsad, B., & Ismail. 2018. Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1(1). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Adnan. 2015. Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik Berbasis TIK (MPBK Berbasis TIK) untuk Siswa SMP. Journal of EST, 1(1):1-11.

Adnan., & Arsad, B. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Biologi pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme untuk Pencapaian Standar Kompetensi Keanekaragaman Mahluk Hidup. Laporan Penelitian PNBP FMIPA UNM. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Akker, J.V.D. 1999. Principles and Method of Development Research. London. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Astute, P.H.M., I Gede, M., & I Made, S. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3): 269-277.

Cahyawati, R. & Muhamad, S. 2020. Pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(2): 100-107.

Danarjati, D.P., Murtiadi, A. & Ekawati, A.R. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fitria, A., Muhammad, W., & Muhammad, D. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 3(2): 163-171.

Hayon, V.H.B., Theresia, W. & Cornelis, B. 2017. Pengaruh Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking) Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Laju Reaksi Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNWIRA Kupang Tahun Akademik 2016/2017. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW.

Hersandi, M., Mahardika, I. K., & Nuriman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Bentuk Brosur Untuk Pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 57–64.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. University of Tweente. Dalam Van den Akker, J., Gravemeijer, K, McKenney, S. & Nieveen, N. (Eds). (2006). Educational design research. London: Routledge.

Noviati, W., Syafruddin.,& Lindah, M. 2022. Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri Kecamatan Sumbawa. Jurnal Kependidikan, 6(2): 11-17.

Pratiwi, Umi. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1 (1), 123-142. Dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/330/230, diakses 1 Mei 2022.

Purwasi, L.A., & Nur, F. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4): 894-908.

Rajid, Y. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diajar dengan Metode Problem Solving dan Metode Course Review Horay pada Siswa Kelas IX IPA SMP Jaya Negara Makassar. Jurnal Bionature, 16(2):117-121.

Reisser, R. A., & Dempsey, J. V. 2002. Trends and Issues in Instructional Design and Technology (Reviewed by Kathryn Ley). New Jersey: Pearson Education Inc.

Sofyatiningrum, E., Etty, S., Rahmah, A., Erni, H., Linda, E., Fransisca, N.K., & Burhanuddin, T. 2018. Muatan HOTS pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Nurdin, N., Adnan, A., & Muis, A. . (2023). Uji Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Evolusi Kelas XII di SMA Negeri 4 Wajo: (Effectivity Testing of Higher Order Thinking Skills-Oriented Student Worksheet on Evolution Subject For Grade 12nd at SMAN 4 Wajo). BIODIK, 9(1), 104-109. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.18678

Issue

Section

Articles