Presepsi Siswa Kelas XII Terhadap Praktikum Bioteknologi Di Sekolah Menengah Atas ( SMA)

(Class XII Students' Perceptions of Biotechnology Practicum in High School (SMA))

Authors

  • Rafyka Basri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Pitri Hairani Dongoran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dinda Syafitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Agista Putri Wahyudi Silaban Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zahrafal Hayati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19336

Abstract

This research was conducted with the aim of knowing how the perception of class XII high school (SMA) students towards biotechnology practicum activities. This study uses a survey research method was conducted online with a google form. The research subject selection technique was using the purposive sampling technique, totaling 20 people from different schools. The results obtained are students' perceptions of preparation and practicum planning activities are considered very good, namely 88.75%. Students' perceptions of the implementation of biotechnology practicum activities are considered good with a total score of 79.54%. Students' perceptions of closing activities in biotechnology practicums were considered good with a total score of 82.61%. The shortcomings and obstacles found in biotechnology practicum activities based on the experience and perceptions of class XII high school students are that there are still practicum activities carried out in the classroom, the teacher does not inform the purpose of the practicum activities carried out, the practicum activities carried out are only limited to simple practicum activities in the form of conventional biotechnology. In making tapai and tempeh, the teacher still does not give a test at the beginning of the practicum activity and the limited time for practicum activities makes the implementation of practicum activities less than optimal.

Key words: Biotechnology, Practicum, High School Students, Student Perception

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas XII Sekolah Menegah Atas (SMA) terhadap kegiatan praktikum bioteknologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan sifat deskriptif secara online dengan google form. Teknik pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu dengan penentuan sampel dengan kriteria tertentu, yaitu 20 orang siswa dari sekolah yang berbeda-beda. Adapun hasil yang diperoleh adalah Persepsi siswa terhadap kegiatan persiapan dan perencanaan praktikum dinilai sangat baik yaitu 88,75%. Persepsi siswa terhadap kegiatan pelaksanaan praktikum bioteknologi dinilai baik dengan skor total 79,54%. Persepsi siswa terhadap kegiatan penutupan pada praktikum bioteknologi dinilai baik dengan skor total 82,61%. Adapun kekurangan dan kendala yang ditemukan dalam kegiatan praktikum bioteknologi berdasarkan pengalaman dan persepsi  siswa SMA kelas XII adalah kegiatan praktikum masih ada yang dilakukan didalam kelas, guru tidak memberitahukan tujuan dari kegatan praktikum yang dilaksanakan, kegiatan praktikum yang dilaksanakan hanya sebatas kegiatan praktikum sederhana berupa bioteknologi konvesianal pembuatan tapai dan tempe, guru masih tidak memberikan tes diawal kegiatan praktikum dan terbatasnnya waktu kegiatan praktikum sehingga membuat pelaksanaan kegiatan praktikum kurang maksimal. 

Kata kunci: Bioteknologi, Praktikum, Siswa SMA, Presepsi Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afreni Hamidah, Dkk. (2014). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi Di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika , 49-59.

Deden Imbu Aqil . (2021). Pengembangan Modul Bioteknologi Berorientasi Kewirahusahan Guna Meningkatkan Minat Enterpreuner Siswa SMA/MA. Jurnal Edusains , 15-24.

Desmiati . (2021). Psikologi Perkembagan Pesrta Didik. bandung : Remaja Rosdakarya.

Eahidah Rahmadani. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi SMA Negeri Se-Kota Medan . Jurnal Pendidikan Biologi , 279-285.

Fitri Rahmawati. (2020). validitas Petunjuk Praktikum bioteknologi Berbaisis Guided Inquiry Untuk Peserta Didik SMA Di Kabupaten Sumbawa Barat . Bioscientist:Jurnal Ilmiah Biologi, 411-420

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA), mata Pelajaran Biologi . Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .

Muslimin Ibrahim . (2014). Keefektifan Digital Storytelling Dalam Pembelejaran Biologi Untuk Siswa SMA Pada Materi Bioteknologi . Jurnal BioEdu ( Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi), 522-527.

Nani Nurani . (2021 ). Analisis Persepsi Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar . Jurnal PGSD , 32-36.

Tarmiji. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru Dalam Proses Pembelajaran( Studi Pada SMP Negeri Banda Aceh). jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, |I, 41-48.

Tarmiji at.all. (2016). persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru Dalam Proses Pembelajaran ( Studi Pada SMP Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsiyah, I, 41-48.

Vita Meylani. (2017). Pengaruh pre Test Terhaap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Pada Materi Praktikum Pewarnaan Gram Mata Kuliah Mikrobiologi. Biodesiana, II, 103-108.

Yan Piter Basman Ziraluo . (2021). Pembelajaran Biologi (Implementasi dan Pengembangan). Lombok Tengah : Forum Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Basri, R., Dongoran, P. H. ., Syafitri, D. ., Silaban, A. P. W. ., & Hayati, Z. . (2023). Presepsi Siswa Kelas XII Terhadap Praktikum Bioteknologi Di Sekolah Menengah Atas ( SMA): (Class XII Students’ Perceptions of Biotechnology Practicum in High School (SMA)). BIODIK, 9(1), 116-122. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19336

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)