Pentingnya Teknologi pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan di masa Bencana Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Jambi

(The Importance of Technology in Networked Learning Systems during the Haze Disaster Due to Forest and Land Fires in Jambi City)

Authors

  • Mangudor Silitonga SMP N 24 Kota Jambi
  • Zaharah Zaharah SMP N 22 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28660

Abstract

The haze disaster that hit the city of Jambi resulted in kindergarten, elementary, middle and high school students being sent home and the learning process being carried out using an online system. The use of digital tecnology such as smartphones, website, and other can be integrated into learning methodes in the education sector. There are many obstacles experienced, but there are also many advantage to this online system. Teenagers, especially junior high school students, really need support from outside, and this cannot be separated from the motivation that must come from themselves to avoid misuse of technology. Rhe research methode used in this incident contained several stages, namely starting whit identifying the problem that existed on site. After that, study and understand the theoretical basis and relevant concepts that support the research which is called a literatur review study. The sources for this literature study are books, similar research journals, and other reference. The aim of this research is to determine the role of technology in online learning system during the haze disaster caused by forest and land fires in the city of Jambi. The results of the research are that the use of technology in online learning makes it very easy for students and teacher to access learning anywhere and at any time.

Abstrak. Bencana kabut asap yang melanda kota Jambi mengakibatkan siswa TK, SD, SMP dan SMA dirumahkan dan  proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring. Pemanfaatan teknologi digital seperti smartphone, situs website, dan lainnya dapat diintegrasikan dalam metode pembelajaran di bidang pendidikan. Banyak kendala yang dialami, namun banyak juga kelebihan dari sistem pembelajaran daring ini. Anak-anak remaja terlebih anak Sekolah Menengah Pertama sangat membutuhkan dukungan dari luar, juga tak terlepas dari motivasi yang harus berasal dari dirinya sendiri untuk menghindari penyalahgunaan teknologi. Metode penelitian yang digunakan pada peristiwa ini terdapat beberapa tahapan, yaitu diawali dengan mengidentifikasi masalah yang ada di tempat. Setelah itu, mempelajari dan memahami landasan teori dan konsep relevan yang mendukung dalam penelitian yang disebut dengan studi literatur review. Adapun sumber studi literatur ini adalah buku, jurnal penelitian sejenis, dan referensi lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peranan teknologi  pada sistem pembelajaran daring di  masa bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di kota Jambi. Hasil penelitian adalah penggunaan teknologi dalam  pembelajaran daring sangat memudahkan  siswa dan guru untuk  mengakses pembelajaran dimana pun serta kapan saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyadi, F, Setyawan, D, Manisa, T. (2021). Studi Ekplorasi Pembelajaran Online Mata Pelajaran IPA SMP pada Masa Pandemi Covid-19.Prosiding Sinkesjar Vol. 1 No. 1 doi : https // doi. org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1242

Djusar, S., Fajrizal, Elvira, A. (2021) Peningkatan Kemampuan Siswa SMAN 16 Pekanbaru dala Pemanfaatan Situs Google untuk Pembelajaran. Jurnal Of Computer Science Community Service. Vol. 1 No. 1 hal. 31-36

Faorika, E., Hamidah, A., & Anggereini, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Mata pelajaran IPA di SMP Kota Jambi. BIODIK, 7(4), 50-60.

Iqromi, M Andri, Baysha, Muh Husein (2018).Pengaruh Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol.3 No. 1

Muhasim,M. (2017).Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Vol.5 No.2

Marjuni, A, Hamzah, H. (2019) Penggunaan Multimedia online Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaara. Vol 3 No. 2

Mustakim,M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Journal Of Islamic Educatian Vol 2 no. 1 doi: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Oktavian, R., Riantina, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol. 20 No. 2 hal. 129- 135

Republika.co.id. (2023). Karhutla di Jambi Capai 550 Hektare Hingga September. https://news.republika.co.id/berita/s1vzaw463/karhutla-di-jambi-capai-550-hektare-hingga-september

Republika.co.id.(2023). Kabut Asap Karhutla di Jambi : Kualitas Udara tak Sehat, Pengidap ISPA Capai 7.717 Kasus https://news.republika.co.id/berita/s1yay7451/kabut-asap-karhutla-di-jambi-kualitas-udara-tak-sehat-pengidap-ispa-capai-7717-kasus

Sadikin,A, Hamidah,A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi Vo.6 No.2

Sugiyarno. (2014).Analisis of the Implementation Character Education at SMP Wonogiri at Academic Year 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 hal. 67-78.

Sefriani, R, Sepriana, R, Wijaya,I, Menrisal,M. (2021).Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19.Vol. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No.6

Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom dalam proses pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Jurnal Kreatif Online Vol. 8 no.1

Suriadi,H.,Firman, Riska, A.(2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Vo. 3 No. 1

Tsuroya, Fatia Inast. (2020).Dampak Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Islam Vol.3 No. 2 doi : http://doi.org/10.37542/iq.v3i02.124

Warsito, H, Weningsih, E, Setiawati,D, Naqiyah, N, (2022). Pembelajaran Online Pasca Pandemi Covid 19: Identifikasi Masalah Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keperawaran Jiwa Vol. 5 No. 1.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Silitonga, M., & Zaharah, Z. (2023). Pentingnya Teknologi pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan di masa Bencana Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Jambi: (The Importance of Technology in Networked Learning Systems during the Haze Disaster Due to Forest and Land Fires in Jambi City). BIODIK, 9(3), 162-168. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28660