Inovasi Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Teknologi pada Materi Perubahan Lingkungan

(Learning Innovation of Technology-Based Guided Inquiry Model on Environmental Pollution Material)

Authors

  • Shopiah Dhuha Siregar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zhafira Zhafira Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riandi Riandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.32890

Abstract

The characteristics of students who are literate with advances in digital technology encourage the integration of technology in biology learning. The inquiry learning model is one of the models that can facilitate the integration of learning with technology. The purpose of this research is to innovate technology-based learning in the guided inquiry learning model with the subject matter of environmental change. The research was conducted using the literature review method in order to collect and evaluate previous studies with the intention and purpose of presenting theories that are relevant to the problems and topics being studied through Google Scholar, SINTA and Scopus. The results of this study are in the form of technology that is innovated in the guided inquiry learning model consisting of PPT, LCD, Projector, Liveworksheet, Smartphone, PC / Computer, Breezo meter, Sound Level Meter, Thermometer Smartphone and Splint Bottle. The integration of technology in biology learning with the guided inquiry model is expected to increase the effectiveness as well as the benefits and meaning of learning biology.

abstrak. Karakteristik siswa yang melek dengan kemajuan teknologi digital mendorong adanya integrasi teknologi dalam pembelajaran biologi. Model pembelajaran inkuiri merupakan salah satu model yang dapat memfasilitasi integrasi pembelajaran dengan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan inovasi pembelajaran berbasis teknologi pada model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pokok materi perubahan lingkungan. Penelitian dilakukan dengan metode kajian literatur dalam rangka mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian-penelitian sebelumnya dengan maksud dan tujuan untuk menyajikan teori-teori yang relevan dengan permasalahan dan topik yang sedang dikaji melalui Google Scholar, SINTA dan Scopus. Hasil dari penelitian ini berupa teknologi yang diinovasikan dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terdiri atas  PPT, LCD , Proyektor, Liveworksheet, Smartphone, PC / Komputer, Breezo meter, Sound Level Meter, Thermometer Smartphone dan Botol Beling. Integrasi teknologi dalam pembelajaran biologi dengan model inkuiri terbimbing diharapkan dapat meningkatkan efektivitas serta manfaat dan makna dari pembelajaran biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Multi Literasi. Jakarta: Refika Aditama.

Agustian, N., & Salsabila, U, H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123-133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Andriyani, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru,12– 130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12.

Argiyanti, A., Cristanti, W., Sukma, R. I., Riandi, R., & Suprianto, B. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Inaturalist Pada Materi Keanekaragaman Hayati : (Innovation of Learning Based on Information Technology: A Model of Discovery Learning Assisted by Inaturalist Applications on Biodiversity Materials). BIODIK, 8(3), 52 - 62. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18430

Ariyanti. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Guru SMP dalam Menggunakan Liveworksheets. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1397–1407. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5045

Azzahra, Waliyyatu & Gusti, Utari., & Widodo, Ari. (2023). Inovasi Model Discovery Learning Berbasis Multi Teknologi Pada Materi Perubahan Lingkungan, Jurnal Bioedukasi, 6. 293-298. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.6463.

Br Surbakti, D. K., Khairani, I., Riandi, R., & Widodo, A. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Plantnet Berbantuan Buku Saku Digital Sebagai Inovasi Pembelajaran: (Interactive Learning Media Using Plantnet Applications Assisted By Digital Pocket Books as Learning Innovation). BIODIK, 8(4), 91-101. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19106

Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. SHEs: Conference Series Universitas Sebelas Maret, 3 (3), 2288- 2294. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57127

Haswan, H., Ridzal, A, A., & Nurmayanti. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem. Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi, 1 (2), 63-67.

Hong, J., Hwang, M., Lui, M., Ho, H., & Chen, Y. (2014). Using a “prediction–observation– explanation” inquiry model to enhance student interest and intention to continue science learning predicted by their Internet cognitive failure. Computers in Education, 72, 110-120. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.10.004

Hutahaean, Jeperson & Azhar, Zulfi & Mulyani, Neni. (2020). Pelatihan Aplikasi Microsoft Powerpoint Bagi Guru Dan Staf Sd Negeri 010240 Pematang Cengkring Kecamatan Medang Deras. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal. 3. 147-154. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i2.516.

Mackenzie, T. (2016). Dive into inquiry: Amplify learning and empower student voice. California: EdTechTeam Press.

Maftuhah, M., Yusni, D., Supriatno, B., & Riandi, R. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Protista. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10114-10118. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2422

Mariatun, S & Wahab, W. (2022). Implementasi Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IX MTs Al-Falah Pancordao Lombok Tengah NTB. Journal of Science and Education Research. 1. 51-57. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.8.

Maritsa, A., Salsabila,U, H., Wafiq, M., Anindya, P, R., & Ma’shum, M, A. (2021). “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18 (2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Meikaharto, R. Bayu Ramada, Endah Setyaningsih, and Henry Candra. "Alat kalibrasi sound level meter berbasis mikrokontroler." Jetri: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro (2021): 105-118. https://doi.org/10.25105/jetri.v18i2.7376

Muchsin, A., Nurfadilah, Z., Riandi, R., & Supriatno, B. (2021). Efektivitas Metode Field Trip Dengan Aplikasi PlantNet Pada Materi Spermatophyta Sebagai Alternatif Inovasi Pembelajaran: (The Effectiveness of Field Trip Method Using PlantNet Applications on Spermatophyte Concepts as an Alternative Learning Innovatio). BIODIK, 7(3), 20-27. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13126

Ng, W. (2015). New Digital Technology in Education. Switzerland : Springer International Publishing AG

Nor Hidayati, Aurora, Z. F., Supriatno, B., & Riandi, R. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Metode Penugasan Mind Mapping Menggunakan MindMeister pada Materi Pencemaran Lingkungan: (Information Technology-Based Learning Innovation: Mind Mapping Assignment Method Using Mindmeister On Environmental Pollution Material). BIODIK, 8(3), 125 - 130. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18982

Nur’aeni, A. L. ., Sholihah, R. N. ., Riandi, R., & Widodo, A. . (2022). Analisis Inovasi Media Gambar Pada Materi Keanekaragaman Hayati Menggunakan Aplikasi Inaturalist: (Image Media Innovation Analysis On Biodiversity Materials Using Inaturalist Applications) . BIODIK, 8(4), 133-138. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19115

Nurfauziyah, S., Marjono, M., & Sugiharto, B. (2015). Implementing Guided Inquiry to Improve Curiosity Of Student Learning In Biology of Class XI IPA SMA Al Muayyad Academic Year 2014/2015. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, 12 (1), 235-239.

Perdani, W, S, R., Santoso, S., Ramli, M., & Martono, Y, E. (2015). Increasing The Students’ Critical Thinking Through Inquiry Learning on System of Senses Subject At Class XI MIA 6 SMA N 4 Surakarta Class Year of 2014/2015. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, 12 (1), 260-264.

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87

Prasetiyo, M., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9, 109-120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120.

Raja, R., & Nagasubramani, P, C. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research, 3 (Suppl.1), S33-S35. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3S1.165

Ridwan, M., AM, S., & Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2, 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427.

Riskayanti, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi Kelas XI SMA. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 3(1), 20–39. https://doi.org/10.36312/bjkb.v3i1.156

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, N. F., Ghina, R., Riandi, R., & Widodo, A. (2022). Inovasi Media Pembelajaran 3 Dimensi Berbasis Teknologi pada Pembelajaran Biologi: (Technology-Based 3 Dimensional Learning Media Innovation in Biology Learning). BIODIK, 8(4), 139-146. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19114

Surya, B. J. (2019). Pengaruh Metode Blended Learning Berbasis Web dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas X SMA Negeri 1 Secanggang Langkat. Jurnal Biolokus, 2 (1), 171-174. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.444

Susanti, M.,& Mudinillah, A. (2023). Pemanfaatan Canva Pada Siswa Kelas Iii Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Rohani Mi/Sd 03 Paninjauan. SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), 87-103.

Tanfiziyah, R., Khasanah, M., Riandi, R., & Supriatno, B. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Model Learning Cycle 5E Menggunakan Gather Town pada Materi Protista: (Information Technology-Based Learning Innovation: 5E Learning Cycle Model using Gather Town on Protista Material). BIODIK, 7(3), 1-10. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13096

Tanjung, R. E., & Faiza. D (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79- 85

Tarmizi, A. D., & Riandi, R. (2022). Implementasi Model Inquiry dengan Berbagai Aplikasi Teknologi pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya : (Implementation Of The Inquiry Model With Various Applications Of Technology On Materials Interaction Of Living Things With Their Environment). BIODIK, 8(4), 109-115. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19098

Wale, B, D., Bishaw, K, S. (2020). Effects of using inquiry-based learning on EFL students’ critical thinking skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 5 (9), 2-14. Doi. https://doi.org/10.1186/s40862-020-00090-2

Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Dasar-Dasar untuk Praktik. Bandung: UPI Press

Williams, P, J., Nguyen, N., & Mangan, J. (2017). Using technology to support science inquiry learning. Journal of Technology and Science Education. 7. 26. 10.3926/jotse.234.

Zulfah, H., Rinanto, Y., & Santosa, S. (2015). Implementation of Inquiry Learning Combined with Reflective Learning Journal to Increase Analytical Thinking Ability in Grade XI MIA 3 SMA N 7 Surakarta in the Academic Year 2013/2014.Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, Surakarta, 12 (1), 466-469.

Zumira, A., Nurzeha, F. ., Luthfi, R. M. ., Riandi, R., & Widodo, A. . (2022). Augmented Reality-Based Flipbook sebagai Inovasi Media Pembelajaran Biologi: (Augmented Reality-Based Flipbook as Biology Learning Media Innovation). BIODIK, 8(4), 102-108. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19108

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Siregar, S. D., Zhafira, Z. ., & Riandi , R. (2024). Inovasi Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Teknologi pada Materi Perubahan Lingkungan: (Learning Innovation of Technology-Based Guided Inquiry Model on Environmental Pollution Material). BIODIK, 10(2), 101-110. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.32890

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>