Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI SMA Swasta Imelda Medan

(Analysis of the Application of the Problem Based Learning Learning Model in Class XI Human Movement Systems Material at Imelda Private High School Medan)

Authors

  • Agrivina Nabilah Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Niken Rebista Universitas Negeri Medan
  • Rina Sara Jantri Manurung Universitas Negeri Medan
  • Widya Arwita Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33924

Abstract

This research was carried out with the aim of describing the implementation of the Problem Based Learning learning model, in the human movement system material for class XI MIA at Imelda Private High School Medan. The population used in this research was all class is qualitative research where the teacher becomes a resource in obtaining information. Data collection is through a process of observation, interviews, documentation and literature study. The results of the research show that the curriculum demands that are being implemented at Imelda Medan Private High School are still the 2013 curriculum so that teachers have limited time and flexibility to implement the PBL method effectively. This causes teachers not to be ready to implement problem-based learning (PBL), so training and professional development is needed and curriculum revision is needed to support the implementation of PBL by including topics with problems that are relevant to real life and school policies must be made to support PBL, including time allocation. enough in the learning schedule.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian model pembelajaran problem based learning, bagaimana  penerapan yang dilakukan guru serta kendala yang menjadi faktor yang mempengaruhi proses  pelaksanaannya pembelajaran biologi pada materi sistem gerak manusia kelas XI MIA di SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2023/2024. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan sampel yang diambil adalah kelas XI MIA 1. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana guru menjadi narasumber dalam memperoleh informasi. Pengumpulan data melalui proses pelaksanaan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuntutan kurikulum yang sedang diterapkan di SMA Swasta Imelda Medan T.P 2023/2024 yaitu masih berkurikulum 2013 sehingga guru memiliki keterbatasan waktu dan fleksibilitas untuk menerapkan metode PBL efektif. Hal ini menyebabkan guru belum siap menerapkan pembelajran berbasis masalah (PBL) sehingga dibutuhkan pelatihan dan pengembangan profesional serta diperlukannya perevisian kurikulum agar mendukung penerapan PBL dengan menyertakan topik-topik dengan masalah yang relavan dengan kehidupan nyata serta kebijakan sekolah harus dibuat untuk mendukung PBL termasuk alokasi waktu yang cukup dalam jadwal pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwita, W., Amin, M., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2017). Mengintegrasikan Sistem Interaksi Sosial Dalihan Na Tolu Ke Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Internasional Sains dan Penelitian (IJSR) , 6 (1), 1358-1362.

Darwati, I.M.,& Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya . Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra . 12(1), 61- 69.

Karlina,R&Wirdati,W.(2023). Perencanaan Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir .Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam.3(2).208-2018

Ndraha,M.V & Putri.J.(2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Tema 7 Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Kelas Iii Di Sekolah Dasar 105332 Sei Blumai Tanjung Morawa. Jurnal Inovasi Penelitian.3(9).7765-7770

Nasution, M. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas X SMA Prayatna Medan Tp 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan , 4 (2), 122-127.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.

Pakpahan, N. A, & Hasruddin, H. (2021). Kemampuan Literasi Materi Sistem Gerak Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) , 4 (1), 162-172.

Setiawan, I. (2022). Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kristis DI Era SDGs. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI). 4(1), 12-16.

Sofyan ,H.(2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Herminarto .Jurnal Pendidikan Vokasi.6(3).260-271.

Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah pendidikan. 3(1),32-36.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Hasibuan, A. N., Rebista, N., Manurung, R. S. J., & Arwita , W. . (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI SMA Swasta Imelda Medan : (Analysis of the Application of the Problem Based Learning Learning Model in Class XI Human Movement Systems Material at Imelda Private High School Medan). BIODIK, 10(2), 145-155. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33924

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)