Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas X SMA Negeri 4 Binjai

(Analysis of the Application of the Problem Based Learning Model in Biology Lessons on the Excretory System Material for Class High School 4 Binjai)

Authors

  • Evenia Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Sindi Clodia br Sitepu Universitas Negeri Medan
  • Theresia Adhellia Witin Universitas Negeri Medan
  • Widya Arwita Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33934

Abstract

Problem Based Learning is a form of learning that gives students problems to solve, so that they can improve critical thinking skills and understanding of concepts. This research aims to apply how the application of the PBL learning model influences the learning process and students' understanding of excretory material in class 10 of SMA Negeri 4 Binjai. The research method used was direct interviews with Biology subject teachers, so that information was obtained about the implementation of PBL, its supporting factors and obstacles as well as its impact on students. The research results show that the application of PBL in learning excretory material has a positive impact on students' understanding, students become more active in both lesson and practical activities, more critical in analyzing problems, and more independent in finding solutions.

Problem Based Learning adalah bentuk pembelajaran yang memberikan masalah problem kepada siswa untuk diselesaikan, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran PBL mempengaruhi proses pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi ekskresi pada kelas 10 SMA Negeri 4 Binjai. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara langsung dengan guru mata pelajaran Biologi, sehingga diperoleh informasi tentang pelaksanaan PBL, faktor pendukung dan kehambatannya serta dampaknya terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam pebelajran materi ekskresi memberikan dampak yang positif kepada pemahaman siswa, siswa menjadi lebih aktif baik dalam kegiatan lestur maupun praktikum, lebih lebih kritis dalam menganalisis masalah, dan lebih mandiri dalam mencari solusi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziah, Y., & Rosidana, I. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2), 98-112.

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(2), 65. https://doi.org/10.21927/ijubi.v2i2.1139.

Nasrullah, N., Kartimi, K., & Muspiroh, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Konsep Sistem Ekskresi di MAN 3 Cirebon. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 1(2).

Nurhidayat, A. (2011). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep Pada Pokok Bahasan Archaebacteria dan Eubancteria Siswa Kelas X SMAN 2 Bantul. Skripsi tidak diterbitkan UIN SUKA.

Sabtu, A. H., Sundari., M. Nasir, T. (2022). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Halmahera Selatan. Jurnal Bioedukasi. 5(2). 107-114

Situmorang, R. M., Muhibbuddin, M., & Khairil, K. (2015). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Jurnal EduBio Tropika, 3(2).

Utomo, D. H., Cahyono, A., & Widiastuti, S. (2020). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 18(4), 205-220.

Zuraida, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Jangka Buya. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(1), 89-98.

Siregar, Z. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Ranah Kognitif, Afekti Dan Fisikomotor Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Mas Daru Falah Langga Payung. Jurnal Eduscience (JES), 4(1), 37-43.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Tambunan, E., Sitepu, S. C. br, Witin, T. A., & Arwita, W. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas X SMA Negeri 4 Binjai: (Analysis of the Application of the Problem Based Learning Model in Biology Lessons on the Excretory System Material for Class High School 4 Binjai). BIODIK, 10(2), 172-180. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33934

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)