Peningkatkan Hasil Belajar Pesert Didik Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Waingapu Dengan Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Lumio By Smart Model Assisted by Lumio Media By Smart

(Improving Learning Outcomes of Class XII MIPA 1 Students of SMA Negeri 3 Waingapu by Implementing the Index Card Match Learning Model Assisted by Lumio Media By Smart)

Authors

  • Melsina TamuIna Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano https://scholar.google.co.id/citations?user=4oTyXWQAAAAJ&hl=id
  • Yohana Ndjoeroemana Universitas Kristen Wira Wacana

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.38589

Abstract

This research aims to improve learning outcomes using the index card match learning model assisted by lumio by smart media. The type of research used is Classroom Action Research (CAR), consisting of pre-cycle, cycle I, and cycle II. Each cycle includes four stages: planning, implementation, observation, and reflection. In the pre-cycle, the students' cognitive average score was 59.72, with 14 students achieving the minimum passing criterion (38.88%) and 22 students not meeting the criterion (61.11%). In terms of student activity in the affective aspec 4 students with a good rating, 7 with a sufficient rating, and 25 with a poor rating. In cycle I, the cognitive average score was 71.81, with 21 students meeting the criterion (58.33%) and 15 students not meeting it (41.66%). For the affective aspect, showed 2 students with an excellent rating, 15 with a good rating, 9 with a sufficient rating, and 10 with a poor rating. In cycle II, the students' cognitive average score rose to 84.38, with 32 students meeting the criterion (88.88%) and 4 students not meeting it (11.11%). For the affective aspect, 24 students achieved an excellent rating, 7 a good rating, 3 a sufficient rating, and 2 a poor rating. It is concluded that the application of the index card match learning model assisted by lumio by smart media can improve students' learning outcomes in biology on the topic of growth and development of living things at SMA Negeri 3 Waingapu.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran index card match dengan berbantuan media lumio by smart. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tidakan Kelas (PTK) terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Tiap siklus tediri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada prasiklus kognitif peserta didik 59,72 yang tuntas 14 dengan persentase 38,88% sedangkan yang tidak tuntas 22 dengan persentase 61,11%. Aktivitas peserta didik untuk aspek afektif terdapat 4 orang dengan predikat baik, 7 orang dengan predikat cukup dan 25 orang dengan predikat kurang. Kognitif peserta didik pada siklus 1 nilai rata-rata 71,81 yang tuntas 21 orang dengan persentase 58,33% sedangkan yang tidak tuntas 15 orang dengan persentase 41,66%. Aktivitas peserta didik yaitu aspek afektif terdapat 2 orang dengan predikat sangat baik, 15 orang dengan predikat baik, 9 orang dengan predikat cukup dan 10 orang dengan predikat kurang. Kognitif peserta didik pada siklus II nilai rata-rata 84,38 dengan jumlah yang tuntas 32 orang dengan persentase 88,88% dan tidak tuntas 4 orang dengan jumlah presentase 11,11%. Aktivitas peserta didik untuk aspek afektif terdapat 24 orang dengan predikat sangat baik, 7 orang dengan predikat baik, 3 orang dengan predikat cukup dan 2 orang dengan predikat kurang Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran index card match dengan berbantuan media lumio by smart dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di SMA Negeri 3 Waingapu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vidriana Oktoviana Bano, https://scholar.google.co.id/citations?user=4oTyXWQAAAAJ&hl=id

Pendidikan Biologi, FKIP

References

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047-1054.

Apriyanti, A., Mukminin, A., & Hidayat, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe index card macth (Icm) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Ips Kelas V Sd Islam Al Falah Jambi: The Application Of Cooperative Learning Models Ofindex card macth (Icm) Type On The Learning Outcomes Of Grade In Social Science Materials In Class V Of Sd Islam Al Falah Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 6(1), 122-133

Budiman, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe index card macth untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMP Negeri 4 Narmada Tahun Pelajaran 2010/2011. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 1(2), 80-96.

Dai koi, Y. E. N. I., & Bano, V. O. (2022). The Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 225-230.

Fitri, A. N., & Hadi, M. S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 133-146.

Hartiningrum, E. S. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe index card macth terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 79-86.

Hazmi, N. (2019). Tugas guru dalam proses pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56-65.

Iskandar, A., Winata, W., Kurdi, M. S., Sitompul, P. H. S., Kurdi, M. S., Nurhayati, S., ... & Haluti, F. (2023). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia

Janah, S. W., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Lumio by smart Pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Peserta didik di Kelas VII MTs Al-Khairiyah Pipitan. Journal on Education, 6(1), 8041-8047.

Kondameha, W., Bano, V. O., & Sumba, R. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video Animasi Dilengkapi Lkpd Quiz Berbasis Games Terhadap Hasil Belajar Di SMP Negeri 2 Waingapu. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(2), 01-07.

La Fua, J., & Zuhari, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 36-54.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Susanti, S. (2022). Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe index card macth Terhadap Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 22-36.

Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., Abdurachman, J., & Damayanti, D. (2016). Media pembelajaran.

Tarapanjang, G., & Bano, V. O. (2022). Penerapan Metode Pembelajaranindex card macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMAN 1 Kahaungueti. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 14(2), 175-182.

Wirda, A., Dhoni, A. R., Setianingsih, E. R., & Destrinelli, D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Multimedia Interaktif Berbasis Lumio by smart. Journal on Teacher Education, 5(2), 380-386.

Zahrah, N. A. Pemanfaatan Media Lumio by smart dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

TamuIna, M., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. . (2024). Peningkatkan Hasil Belajar Pesert Didik Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Waingapu Dengan Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Lumio By Smart Model Assisted by Lumio Media By Smart: (Improving Learning Outcomes of Class XII MIPA 1 Students of SMA Negeri 3 Waingapu by Implementing the Index Card Match Learning Model Assisted by Lumio Media By Smart). BIODIK, 10(4), 780-790. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.38589