Implementasi Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terintegrasi Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Biologi

(Implementation of Exploring Nature Approach Integrated with (Project-Based Learning) to Improve Biology Science Process Skills)

Authors

  • Fadillah Rahimanisa Universitas Samudra
  • Marjanah Marjanah Universitas Samudra
  • Muhammad Khalil Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i02.40743

Abstract

Science process skills are skills that help students acquire and develop knowledge through direct observation of natural phenomena. SPS is important for students because it makes students more active, trains their questioning skills, and improves their understanding of subject matter through real experiences. This study aims to evaluate the effectiveness of the implementation of an integrated project-based learning nature exploration approach in improving biology SPS. This quantitative study used a pre-experimental approach with a one group pretest-posttest design. The study was conducted at SMAN 4 Langsa in May 2024 with a sample of 24 grade X students from a total population of 44 students. The research instruments used were pretest-posttest questions and SPS observation sheets. Data were analyzed using SPSS to see changes in skills before and after learning. The results showed an increase in SPS, with an average pretest score of 64.5 and a posttest of 84.8. The N-Gain obtained was 0.59, indicating a moderate increase. The average score of students' SPS> 82.3, indicating that aspects of skills such as observing, grouping, and planning experiments had increased. In conclusion, the integrated PjBL nature exploration approach effectively improves students' KPS. The implication is that this approach can be used as an effective innovative learning strategy to facilitate understanding of biological concepts and improve students' scientific skills through exploration of the surrounding environment.

Abstrak. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang membantu siswa memperoleh dan mengembangkan pengetahuan melalui observasi langsung fenomena alam. KPS penting bagi siswa karena membuat siswa lebih aktif, melatih kemampuan bertanya, dan meningkatkan pemahaman materi pelajaran melalui pengalaman nyata. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas implementasi pendekatan jelajah alam sekitar terintegrasi project-based learning dalam meningkatkan KPS biologi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Langsa pada Mei 2024 dengan sampel 24 siswa kelas X dari total populasi 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest-posttest dan lembar observasi KPS. Data dianalisis menggunakan SPSS untuk melihat perubahan keterampilan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan KPS, dengan nilai rata-rata pretest 64.5 dan posttest 84.8. N-Gain yang diperoleh 0.59, menunjukkan peningkatan kategori sedang. Skor rata-rata KPS siswa >82.3, menunjukkan aspek keterampilan seperti mengamati, mengelompokkan, dan merencanakan percobaan mengalami peningkatan. Kesimpulannya, pendekatan jelajah alam sekitar terintegrasi PjBL efektif meningkatkan KPS siswa. Implikasinya, pendekatan ini dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran inovatif yang efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep biologi dan meningkatkan keterampilan ilmiah siswa melalui eksplorasi lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, J., & Martini, M. (2022). Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Siswa Smp. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(3), 443–448. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46236

Ahmadi, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 25-32. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.64

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968.

Alimah, S. (2014). Model Pembelajaran Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar. Strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5686

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Jakarta: Prenada Media.

Amelia, D., & Syahmani, S. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Materi Redoks Pada Siswa Kelas X MS 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2). http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v6i2.1157

Andriani, T. (2019). Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Kluet Timur Aceh Selatan (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY). https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/10691

Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Van Scotter, P., Powell, J. C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. BSCS.

Erdem, M., & Demirdögen, B. (2007). The effect of project-based learning on the achievement of high school students in biology. Journal of Biological Education, 41(4), 181-186. https://doi.org/10.1080/00219266.2007.9656107

Farfuqi, M. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Padangcermin Materi Pokok Ekosistem. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57645

Fitriyani, R., Haryani, S., & Susatyo, E. B. (2017). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10623

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: media akademi.

Hsu, Y. S., & Chen, H. C. (2018). A study of the effectiveness of project-based learning in an educational setting. Educational Technology Research and Development, 66(2), 263-285. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9550-7

Khalil, M. (2019). Pengembangan modul bioinformatika berbasis Problem Based Learning (PBL) berdasarkan hasil penelitian analisis virtual screening senyawa alami pada semanggi gunung (Hydrocotyle sibthorpioides) sebagai kandidat antivirus hepatitis B. (Masters Thesis, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/112705

Khalil, M., Hasby, & Prasetyo, O. (2024) Smart Teacher: Implementasi TPACK dalam Pengajaran. Banda Aceh: Bandar Publishing. https://bandarpublishing.com/produk/smart-teacher-implementasi-tpack-dalam-pengajaran/

Khasanah, K., Iswari, R. S., & Martuti, N. K. T. (2017). Meta-Analisis Penerapan Pendekatan Jas Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. Journal of Biology Education, 6(2), 215-225. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Kurniyanti, R., Martuti, N. K. T., & Alimah, S. (2019). The Effectiveness of Project Based Learning Ecosystems Dioramas with Jelajah Alam Sekitar Approach against Students' Critical Thinking Ability and Creativity. Journal of Biology Education, 8(3), 301-314. https://doi.org/10.15294/jbe.v8i3.27141

Lee, S., & Hsu, Y. (2019). Enhancing students' scientific communication through project-based learning. Journal of Science Education and Technology, 28(2), 115-127. https://doi.org/10.1007/s10956-019-09712-4

Mauliana, S., & Novallyan, D. (2023). Implementasi Jelajah Alam Sekitar Untuk Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Terhadap Hasil Belajar Biologi. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 44-50. https://doi.org/10.30631/edubio.v6i2.18

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55. http://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Naf’ Anudiniyah, dkk. 2013. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kediri Lombok Barat. Jurnal kependidikan. Vol. 12 No. 2.

National Research Council. (2012). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/13165

Negara, H. T. P., Ifrianti, S., & Kuswanto, E. (2013, February). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. In Prosiding Seminar Nasioanal Sains MIPA dan Aplikasi (Vol. 3, No. 30, pp. 33-40).

Nurussolah, I., & Fawaid, A. (2023). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Langsepan Kecamatan Sumbersari (Studi Kasus Rt 03 Rw 18). LAN TABUR: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 73-85. https://doi.org/10.53515/lantabur.2023.5.1.73-85

Osborne, J., Collins, S., Ratcliffe, M., Millar, R., & Duschl, R. (2003). What ideas-about-science should be taught in school science? Science Education, 87(5), 640-655. https://doi.org/10.1002/sce.10034

Partjuma, A. H., Roini, C., & Nashicah, A. Z. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Islam Jailolo. JURNAL BIOEDUKASI, 5(2), 157-164. https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5776

Piaget, 1972. Teori Perkembangan Kognitif Piaget, dalam Sujiono dkk 2008,Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79-88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530

Rauzah, R., Zahara, N., & Amin, N. (2022, August). Aktivitas Siswa Terhadap Pembelajaran Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Di Kelas X Sman Unggul Darussa’adah Kluet Raya. In Prosiding Seminar Nasional Biotik (Vol. 10, No. 2, pp. 49-56). http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14428

Risdiany, H. (2021). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan di indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i2.1236

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Rosalia, R. D., Adinugraha, F., & Silalahi, M. (2021). Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa (KPS) dengan Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 10-18. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/6508

Roslianti, Z., Jalaluddin, J., & Jailani, J. (2015). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 9 Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 3(2). https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46-55. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966

Samitra, D., Widiya, M., & Rahmasari, N. D. (2016). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 8-13.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Syahputra, M. R., Jayanthi, S., Mahyuny, S. R., & Khalil, M. (2023). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Biologi pada Siswa SMA. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(2), 158-165. https://doi.org/10.24815/jbe.v15i2.35489

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.

Wahyudi, A. (2015). Pengaruh problem-based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri Jumapolo tahun pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi, 4(1), 5-11. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pdg/

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan konsep instrumen evaluasi hasil belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1-9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105

Zhang, L. (2020). Improving students' scientific communication skills through project-based learning. International Journal of Science Education, 42(12), 1945-1962. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1766927

Zulvawati, A., Isnaini, M., & Imtihana, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 62-67. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3011

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Rahimanisa, F., Marjanah, M., & Khalil, M. (2025). Implementasi Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terintegrasi Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Biologi : (Implementation of Exploring Nature Approach Integrated with (Project-Based Learning) to Improve Biology Science Process Skills). BIODIK, 11(02), 341–350. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i02.40743