Implementasi Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terintegrasi Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Biologi
(Implementation of Exploring Nature Approach Integrated with (Project-Based Learning) to Improve Biology Science Process Skills)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v11i02.40743Abstract
Science process skills are skills that help students acquire and develop knowledge through direct observation of natural phenomena. SPS is important for students because it makes students more active, trains their questioning skills, and improves their understanding of subject matter through real experiences. This study aims to evaluate the effectiveness of the implementation of an integrated project-based learning nature exploration approach in improving biology SPS. This quantitative study used a pre-experimental approach with a one group pretest-posttest design. The study was conducted at SMAN 4 Langsa in May 2024 with a sample of 24 grade X students from a total population of 44 students. The research instruments used were pretest-posttest questions and SPS observation sheets. Data were analyzed using SPSS to see changes in skills before and after learning. The results showed an increase in SPS, with an average pretest score of 64.5 and a posttest of 84.8. The N-Gain obtained was 0.59, indicating a moderate increase. The average score of students' SPS> 82.3, indicating that aspects of skills such as observing, grouping, and planning experiments had increased. In conclusion, the integrated PjBL nature exploration approach effectively improves students' KPS. The implication is that this approach can be used as an effective innovative learning strategy to facilitate understanding of biological concepts and improve students' scientific skills through exploration of the surrounding environment.
Abstrak. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang membantu siswa memperoleh dan mengembangkan pengetahuan melalui observasi langsung fenomena alam. KPS penting bagi siswa karena membuat siswa lebih aktif, melatih kemampuan bertanya, dan meningkatkan pemahaman materi pelajaran melalui pengalaman nyata. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas implementasi pendekatan jelajah alam sekitar terintegrasi project-based learning dalam meningkatkan KPS biologi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Langsa pada Mei 2024 dengan sampel 24 siswa kelas X dari total populasi 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest-posttest dan lembar observasi KPS. Data dianalisis menggunakan SPSS untuk melihat perubahan keterampilan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan KPS, dengan nilai rata-rata pretest 64.5 dan posttest 84.8. N-Gain yang diperoleh 0.59, menunjukkan peningkatan kategori sedang. Skor rata-rata KPS siswa >82.3, menunjukkan aspek keterampilan seperti mengamati, mengelompokkan, dan merencanakan percobaan mengalami peningkatan. Kesimpulannya, pendekatan jelajah alam sekitar terintegrasi PjBL efektif meningkatkan KPS siswa. Implikasinya, pendekatan ini dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran inovatif yang efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep biologi dan meningkatkan keterampilan ilmiah siswa melalui eksplorasi lingkungan sekitar.
Downloads
References
Adilah, J., & Martini, M. (2022). Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Siswa Smp. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(3), 443–448. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46236
Ahmadi, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 25-32. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.64
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968.
Alimah, S. (2014). Model Pembelajaran Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar. Strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5686
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Jakarta: Prenada Media.
Amelia, D., & Syahmani, S. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Materi Redoks Pada Siswa Kelas X MS 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2). http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v6i2.1157
Andriani, T. (2019). Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Kluet Timur Aceh Selatan (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY). https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/10691
Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Van Scotter, P., Powell, J. C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. BSCS.
Erdem, M., & Demirdögen, B. (2007). The effect of project-based learning on the achievement of high school students in biology. Journal of Biological Education, 41(4), 181-186. https://doi.org/10.1080/00219266.2007.9656107
Farfuqi, M. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Padangcermin Materi Pokok Ekosistem. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57645
Fitriyani, R., Haryani, S., & Susatyo, E. B. (2017). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10623
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: media akademi.
Hsu, Y. S., & Chen, H. C. (2018). A study of the effectiveness of project-based learning in an educational setting. Educational Technology Research and Development, 66(2), 263-285. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9550-7
Khalil, M. (2019). Pengembangan modul bioinformatika berbasis Problem Based Learning (PBL) berdasarkan hasil penelitian analisis virtual screening senyawa alami pada semanggi gunung (Hydrocotyle sibthorpioides) sebagai kandidat antivirus hepatitis B. (Masters Thesis, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/112705
Khalil, M., Hasby, & Prasetyo, O. (2024) Smart Teacher: Implementasi TPACK dalam Pengajaran. Banda Aceh: Bandar Publishing. https://bandarpublishing.com/produk/smart-teacher-implementasi-tpack-dalam-pengajaran/
Khasanah, K., Iswari, R. S., & Martuti, N. K. T. (2017). Meta-Analisis Penerapan Pendekatan Jas Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. Journal of Biology Education, 6(2), 215-225. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Kurniyanti, R., Martuti, N. K. T., & Alimah, S. (2019). The Effectiveness of Project Based Learning Ecosystems Dioramas with Jelajah Alam Sekitar Approach against Students' Critical Thinking Ability and Creativity. Journal of Biology Education, 8(3), 301-314. https://doi.org/10.15294/jbe.v8i3.27141
Lee, S., & Hsu, Y. (2019). Enhancing students' scientific communication through project-based learning. Journal of Science Education and Technology, 28(2), 115-127. https://doi.org/10.1007/s10956-019-09712-4
Mauliana, S., & Novallyan, D. (2023). Implementasi Jelajah Alam Sekitar Untuk Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Terhadap Hasil Belajar Biologi. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 44-50. https://doi.org/10.30631/edubio.v6i2.18
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55. http://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Naf’ Anudiniyah, dkk. 2013. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kediri Lombok Barat. Jurnal kependidikan. Vol. 12 No. 2.
National Research Council. (2012). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/13165
Negara, H. T. P., Ifrianti, S., & Kuswanto, E. (2013, February). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. In Prosiding Seminar Nasioanal Sains MIPA dan Aplikasi (Vol. 3, No. 30, pp. 33-40).
Nurussolah, I., & Fawaid, A. (2023). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Langsepan Kecamatan Sumbersari (Studi Kasus Rt 03 Rw 18). LAN TABUR: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 73-85. https://doi.org/10.53515/lantabur.2023.5.1.73-85
Osborne, J., Collins, S., Ratcliffe, M., Millar, R., & Duschl, R. (2003). What ideas-about-science should be taught in school science? Science Education, 87(5), 640-655. https://doi.org/10.1002/sce.10034
Partjuma, A. H., Roini, C., & Nashicah, A. Z. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Islam Jailolo. JURNAL BIOEDUKASI, 5(2), 157-164. https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5776
Piaget, 1972. Teori Perkembangan Kognitif Piaget, dalam Sujiono dkk 2008,Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79-88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530
Rauzah, R., Zahara, N., & Amin, N. (2022, August). Aktivitas Siswa Terhadap Pembelajaran Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Di Kelas X Sman Unggul Darussa’adah Kluet Raya. In Prosiding Seminar Nasional Biotik (Vol. 10, No. 2, pp. 49-56). http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14428
Risdiany, H. (2021). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan di indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i2.1236
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
Rosalia, R. D., Adinugraha, F., & Silalahi, M. (2021). Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa (KPS) dengan Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 10-18. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/6508
Roslianti, Z., Jalaluddin, J., & Jailani, J. (2015). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 9 Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 3(2). https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46-55. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966
Samitra, D., Widiya, M., & Rahmasari, N. D. (2016). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 8-13.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Syahputra, M. R., Jayanthi, S., Mahyuny, S. R., & Khalil, M. (2023). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Biologi pada Siswa SMA. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(2), 158-165. https://doi.org/10.24815/jbe.v15i2.35489
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.
Wahyudi, A. (2015). Pengaruh problem-based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri Jumapolo tahun pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi, 4(1), 5-11. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pdg/
Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan konsep instrumen evaluasi hasil belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1-9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105
Zhang, L. (2020). Improving students' scientific communication skills through project-based learning. International Journal of Science Education, 42(12), 1945-1962. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1766927
Zulvawati, A., Isnaini, M., & Imtihana, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 62-67. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadillah Rahimanisa, Marjanah Marjanah, Muhammad Khalil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).