e-Book Game Education Berbasis Ekoliterasi untuk Melatih Keterampilan Ekoliterasi Siswa

(Ecoliteracy-Based Game Education E-Book to Train Students' Ecoliteracy Skills)

Authors

  • Sun Shamla Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitria Eka Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i02.42081

Abstract

This study aims to describe the effect of e-Book Game Education based on ecoliteracy to train students' ecoliteracy skills. This study used a type of Quasi Experimental method with a research design of Nonequivalent Control Group Design involving 2 classes, namely the experimental class and the control class. The research instrument is an ecoliteracy question as many as twelve items that include four indicators of ecoliteracy including; 1)knowing environmental problems 2)having an action strategy for environmental problems 3)being able to follow up on environmental problems 4)having quality in addressing environmental problems, which have been valid and reliable. The data analysis technique in this study used the N-Gain test and the Independent sample test. The results showed that there was an effect of increasing students' ecoliteracy skills, in the sense that the use of ecoliteracy-based Game Education e-Books could improve students' ecoliteracy skills which could be shown in the experimental class obtained a higher N-Gain value than the control class. The normality test of the experimental class and control class on the pretest-postest obtained normal results. In the homogeneity test the data obtained from the experimental class and control class are homogeneous. In the Independent sample test, the experimental class got significant value results. This can occur because the experimental class gets the treatment of using ecoliteracy-based e-Book Game Education. So, the use of e-Book Game Education based on ecoliteracy has an influence in improving students' ecoliteracy skills.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh e-Book Game Education berbasis ekoliterasi untuk melatih keterampilan ekoliterasi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis metode Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain melibatkan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument penelitian yaitu soal ekoliterasi sebanyak duabelas butir soal yang mencakup empat indikator ekoliterasi diantaranya; 1) mengetahui permasalahan lingkungan 2) mempunyai strategi tindakan terhadap permasalahan lingkungan 3) dapat menindaklanjuti terhadap permasalahan lingkungan 4) memiliki kualitas dalam menyikapi permasalahan lingkungan, yang telah valid dan reliabel. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji N-Gain dan uji Independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh peningkatan keterampilan ekoliterasi siswa, dalam arti penggunaan e-Book Game Education berbasis ekoliterasi dapat meningkatkan keterampilan ekoliterasi siswa yang dapat ditunjukkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pretest-postest memperoleh hasil yang bersifat normal. Pada uji homogenitas data yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol bersifat homogen. Pada uji Independent sample test kelas eksperimen mendapatkan hasil nilai yang signifikan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan penggunaan e-Book Game Education berbasis ekoliterasi. Maka, penggunaan e-Book Game Education berbasis ekoliterasi mempunyai pengaruh dalam meningkatkan keterampilan ekoliterasi siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, S. N., & Rofiah, L. (2020). Pengembangan Sumber Dan Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Peserta Didik. Jipsindo, 7(2), 136–161. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34938

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Agustian, D., Sudargo, F., & Surakusumah, W. (2018). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa (Studi Kasus pada Permasalahan Lingkungan Global). BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.372

Ayu, S., & Rosli, M. S. Bin. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika, 6(1), 145–155.

Cresswell, J. W., Fawaid, A., & Pancasari, R. K. (2019). Research design : pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran / John W Creswell ; penerjemah Achmad Fawaid, Rianayati Kusmini Pancasari. (Ed.4, cet). Yogyakarta Pustaka Pelajar 2016.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.

Firdausi, A., & Wulandari, F. E. (2021). Development of Web-Based Science Learning Module in Improving the Students’ Understanding of Eco-Literacy. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 5(3), 241–252. https://doi.org/10.36312/esaintika.v5i3.426

Fitri, R. A., & Hadiyanto, H. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690–6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485

Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091

Hardiansyah, F., & Mulyadi. (2022). Improve Science Learning Outcomes for Elementary School Students Through The Development of Flipbook Media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 3069–3077. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2413

Hecht, T. (2020). Strategie. XIX(02), 67–68. https://doi.org/10.1007/978-3-658-30459-1_5

Indrasari, A., & Wulandari, F. E. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Ekoliterasi Siswa.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 186–198.

Jayanti, U. N. afinni dwi, Zahara, R., Mahfuza, H. D., & Simamora, A. (2023). ANALISIS PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP KESADARAN AKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN DI DAERAH JALAN M YAKUB KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN. Jurnal Bionatural, 10(2), 23–30. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.575

Kurniasari, R. (2018). Organik Dan Anorganik Melalui Group Investigation. 10(2), 133–139.

Maulana, M. A., Kanzunnudin, M., & Masfuah, S. (2021). Analisis Ekoliterasi Siswa pada Sekolah Adiwiyata Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2601–2610. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1263

McGowen, M. A., & Davis, G. E. (2014). Individual gain and engagement with mathematical understanding. http://arxiv.org/abs/1406.2269

Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22–29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58

N, K. (2017). An integrative framework for studying, designing and conceptualising interactivity in children’s digital books. British Educational Research Journal, 43(6), 1168–1185. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/berj.3317

Nabila, S. U., Lestari, G. D., & Yulianingsih, W. (2023). Pembiasaan Nilai-Nilai Kepedulian Lingkungan pada Anak Usia Dini melalui Prinsip Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1105–1118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3859

Nadiroh, & Siregar, S. M. (2019). Analisis Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan dan Ekoliterasi Siswa. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 31(2), 96–103. https://doi.org/10.21009/parameter.312.03

Nurfaizah, N., Putro, K. Z., & Tejaningrum, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran (Studi Kasus STPI Yogyakarta). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 46–54. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41689

Pramana, W. D., & Dewi, N. R. (2014). Unnes Science Education Journal PENGEMBANGAN E-BOOK IPA TERPADU TEMA SUHU DAN PENGUKURAN UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Info Artikel. Unnes Science Education Journal, 3(3)(3), 602–608. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Rosida, Fadiawati, N., & Tri, J. (2018). Efektivitas penggunaan bahan ajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 35–45.

Safitri, I. Y. B., Asip, M., Rakhmawati, Y., & Elitasari, H. T. (2023). Ecoliteration Ability of Studens in Elementary Schools: Systematic Literature Review. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v6i1.23817

Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan kewarganegaraan studi komparatif konstitusi dengan UUD 1945. Lakeisha.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3382/2182

Sari, S. P., Hasibuan, H., Suri, E. M., Afriwes, & Mere, K. (2023). PENGARUH PEMANFAATAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISW. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124

Septiani, R. D. (2020). Manajeman Pembelajaran Berbasis Alam. 1.

Setyawan, W. C., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa. 2(1), 30–36.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sifah, L., Sustiyani, E., & H, R. D. (2024). Peningkatan Keterampilan Proses Sains ( KPS ) Siswa Kelas 7A SMP Negeri 23 Semarang melalui Metode JAS. Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tidakan Kelas, 961–968.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika.

Sugiyono. (2017). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. In Bandung Alf (p. 143).

Taufik, A. N., Kristina, H., Gibran, B. F., Sabililah, A., Septiani, S., Warraihanah, D. A., Nurmalia, L., Syofiarni, S., & Risalah, O. T. (2023). Pengembangan E-Book Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal Banten untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1095–1104. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1251

Taufik, A. N., Liska Berlian, Ajeng Restu Wahyuni, Mia Khofifah, & Sheila Shakila. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Ekoliterasi Sebagai Upaya untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Jurnal Pendidikan Mipa, 14(3), 702–712. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1699

Tyas, D. N., Nurharini, A., Wulandari, D., & Isdaryanti, B. (2022). Analisis Kemampuan Ekoliterasi dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 213. https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.11173

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wahyuni, D. A. A., Misdalina, & Noviati. (2022). Dampak Media Pembelajaran berbasis Teknologi pada Aplikasi Tiktok Terhadap Daya Tangkap Dikalangan Siswa Kelas V di SDN 077 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1853–1863. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5506

Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS versi 25. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).

Wibisari, G. Z., & Mulyani, P. K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis E-Book Sebagai Media Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 509–521. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3034

Widia, G., Noviana, N., Sartika, R., Anggraini, L., Pradipta, A., & Johan, H. (2022). Studi Pencemaran Tanah Sebagai Bahan Pengayaan Topik Teknologi Ramah Lingkungan untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1252–1258. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.783

Yeni, S. (2020). Ekowisata Sebagai Sumber Belajar Biologi dan Strategi untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Bio Educatio, 3(2), 59–72.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Shamla, S., & Wulandari, F. E. (2025). e-Book Game Education Berbasis Ekoliterasi untuk Melatih Keterampilan Ekoliterasi Siswa: (Ecoliteracy-Based Game Education E-Book to Train Students’ Ecoliteracy Skills) . BIODIK, 11(02), 302–315. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i02.42081