UPAYA MEMPERKUAT KARAKTER ILMIAH DAN KEMAMPUAN AKADEMIK PESERTA DIDIK SMAN TITIAN TERAS PROVINSI JAMBI MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Authors

  • Agustin Winarni BIODIK FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4882

Abstract

ABSTRAK. Guru diharuskan untuk dapat menciptakan pembelajaran yang berarti. Hal ini dimaksudkan untuk membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi yang diharapkan, seperti sikap dan pengetahuan di kelas Biologi. Pemilihan metode pembelajaran dan materi pelajaran yang tepat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model Discovery learning dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna di kelas Biologi khususnya dalam pembelajaran tentang Artrophoda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Discovery Learning dalam memperkuat karakter ilmiah dan kompetensi akademik peserta didik. Pembelajaran telah dilaksanakan di kelas X dan dilakukan dalam dua siklus. Ada 63 peserta didik sebagai partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian karakter ilmiah dengan kriteria yang baik dan kompetensi akademik peserta didik meningkat. Menggunakan Discovery Learning dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan berarti. Pembelajaran menggunakan model Discovery Learning telah mampu melatih peserta didik untuk meningkatkan rasa ingin tahu, jujur, belajar dengan hati-hati, kerja sama antara peserta didik dan tanggung jawab sehingga bisa memperkuat karakter ilmiah dan kompetensi akademik para peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-18 — Updated on 2018-04-18

Versions

How to Cite

Winarni, A. (2018). UPAYA MEMPERKUAT KARAKTER ILMIAH DAN KEMAMPUAN AKADEMIK PESERTA DIDIK SMAN TITIAN TERAS PROVINSI JAMBI MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. BIODIK, 3(1), 45-52. https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4882

Issue

Section

Articles