This is an outdated version published on 2019-06-19. Read the most recent version.

Analisis Validitas Hasil Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Lingkungan Berstrategi Inkuiri dan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6825

Keywords:

perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif

Abstract

Research has been carried out to find out the validity of the results of the development of environmental science learning devices with inquiry strategies and test instruments of critical thinking skills, creative thinking and student cognitive learning outcomes. The development carried out refers to the step of developing modified 4D Tiagarajan. Device validation is done through validation of experts and experts and partner lecturers who are focused on the construct validation test process and the contents of the device made. Validation data was obtained using a device assessment sheet using categories 1-4. Other data obtained through field trials with small group tests, as well as data readability by students obtained using observation sheets. Validated devices are: 1) Syllabus, 2) RPP, 3) Student Worksheet (LKM), and 4) Test instruments. The data obtained were analyzed descriptively. The research results obtained are 1) learning devices, namely: syllabus, RPP, MFI and test instruments declared valid even though after improvement, 2) instrument readability test according to students is good, but there are those who respond still need to consider the problem of allocating time needed to work the instrument tests, and 3) the results of testing the test instruments meet the instrument requirements including validity, reliability and difficulty level are appropriate and good and very good categories. The final result of this research is to produce a valid learning device development product.

Key words: learning devices, critical thinking, creative thinking and cognitive learning results.

Abstrak. Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui validitas hasil pengembangan perangkat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Lingkungan berstrategi inkuiri dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif serta hasil belajar kognitf mahasiswa. Pengembangan yang dilakukan mengacu pada langkah pengembangan 4D Tiagarajan termodifikasi. Validasi perangkat dilakukan melalui validasi pakar dan ahli serta dosen mitra yang difokuskan pada proses uji validasi konstruks dan isi perangkat yang dibuat. Data validasi diperoleh menggunakan lembar penilaian perangkat menggunakan kategori 1-4. Data lainnya diperoleh melalui uji coba lapangan dengan uji kelompok kecil, serta data keterbacaan oleh mahasiswa diperoleh menggunakan lembar observasi. Perangkat yang divalidasi adalah:1) Silabus, 2) RPP, 3) LKM, dan 4) Instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh, adalah 1) perangkat pembelajaran yaitu: silabus, RPP, LKM dan instrument tes dinyatakan valid meskipun setelah melalui perbaikan, 2) uji keterbacaan instrumen menurut mahasiswa sudah baik, namun ada yang menanggapi masih perlu pertimbangan masalah alokasi kebutuhan waktu mengerjakan instrument tes, dan 3) hasil uji coba instrumen tes memenuhi syarat instrumen meliputi validitas, reabilitas dan tingkat kesukaran sudah sesuai dan kategori baik dan sangat baik. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan perangkat pembelajaran yang valid.

Kata Kunci : perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Al-Jarf, R. (2009). Enhancing Freshman Students’ Writing Skills with A Mind Mapping Software. Paper presented at the 5th International Scientific Conference, eLearning and Software for Education, Bucharest, April 2009.
Alter, F. (2009). Understanding the role of critical and creative thinking in Australian primary school visual arts education. International Art in Early Childhood Research Journal, 1(1), 1-12.
Amir, Soendjoto, M., A. & Dharmono. (2016). Validitas Bahan Ajar Pengayaan IPA SMP/MTs Berbasis Riset Perilaku Makan Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis, Raffles) di Hutan Karet [Validity of Enriched Teaching-Materials For SMP/MTs Based on the Research of Eating Behavior of Long-Tail Macaque (Macaca Fascicularis, Raffles) in the Rubber Forest]. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), 13(1), 58-62.
Andriani, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’ Learning Outcome: A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38 – 42.
Anggereini, E., Budiarti, R. S., & Sanjaya, M. E. (2018). The Effect of ICT-based Classwide Peer Tutoring (CWPT) Application and Motivation to Biology Education Student Creativity in ICT Learning. BIODIK, 4(2), 105-113.
Arif, M. (2014). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1 – 9.
Arikunto, S.; Suhardjono & Supardi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizahwati (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah, 1(19), 70-73.
Baker, M., & Rudd, R. (2001). Relationships between Critical and Creative Thinking. Journal of Southern Agricultural Education Research, 51(1), 173-188.
Breivik, J. (2016). Critical Thinking in Online Educational Discussions Measured as Progress through Inquiry Phases: A Discussion of the Cognitive Presence Construct in the Community of Inquiry Framework. International Journal of E-Learning & Distance Education, 32(1), 1-15.
BSNP (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Departemen Pendididkan.
Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 3(5), 18-25.
Darmayanti, V., Slamet, H., & Sulifah, A.H. (2014). Pengembangan buku siswa berbasis inkuiri pada pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maesan Bondowoso. Pancaran, 3(3), 93-102.
Dehghani, M., Sani, H. J., Pakmehr, H & Malekzadeh, A. (2011). Relationship Between Student’s Critical Thinking and Self-efficacy Beliefs in Ferdowsi University of Mashhad, Iran. Elsevier: Procedia Social and Behavioral Science, 15(2011), 2952- 2955.
Delismar, D., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan kreativitas dan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model Group Investigation. EDUSAINS, 2(1).
Depdiknas (2008). Penulisan Modul. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Depdiknas: Jakarta.
Dewi. (2010). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Blahbatuh. http://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/viewFile /502/417. Diakses 27 Januari 2016.
Djuwantoko, Utami, R.N., & Wiyono. (2008). Perilaku agresif monyet, Macaca fascicularis (Raffles, 1821) terhadap wisatawan di Hutan Wisata Alam Kaliurang, Yogyakarta. Biodiversitas, 9(4), 301-305.
Djuwantoko. (2000). Pendekatan Ekosistem dalam Konservasi Primata. Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.
Hadzigeorgiou, Y., Fokialis, P., & Kabouropoulou, M. (2012). Thinking about Creativity in Science Education. Creative Education, 3(5), 603-611. doi:10.4236/ce.2012.35089
Harlen, W. (2014). Helping children’s development of inquiry skills. Inquiry in Primary Science Education (IPSE), 1, 5-19.
Haryadi, T. & Aripin. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik ANak Sekoah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku”. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 39- 50.
Hidayah, Y. (2013). Beberapa tipe pendekatan dalam pembelajaran biologi. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 20-29.
Ibrahim. 2011. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis-Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan Tema Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran” di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, pada tanggal 3 Desember, 109 - 120.
Imama, N. AG, & Zaini, M. (2015). Pengembangan Modul Modul Berbasis Greening School Konsep Klasifikasi Tumbuhan di SMKN 1 Takisung. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang, 1413-1419.
Jumirah, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Ekologi Menggunakan Model Inkuiri terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MAN. Tesis tidak diterbitkan, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Kabeel, A. R., & Eisa, S. A.-M. (2016). The Correlation of Critical Thinking Disposition and Approaches to Learning among Baccalaureate Nursing Student. Journal of Education and Practice, 7(32), 91-103.
Kania, N, Kartimi, A. M. (2013). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Sains Lokal Melalui Budaya Paraji terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas XI di SMAN 1 Jatiwangi. Jurnal Scientiae Edukatia, 2(2): 1-18.
Keleş, Ö. (2012). Elementary Teacher's‟ Views on Mind Mapping. International Journal of Education, 4(1), 93-100. doi: 10.5296/ije.v4i1.1327.
Kesuma, Dh. (2010). Contextual Teaching and Learning. Yogyakarta Rahayasa: Research & Taining.
Kunandar (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Radja Grafindo.
Malahayati, E. N., Corebima, A. D. & Zubaidah, S. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA dalam Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Sains, 3(4), 178 – 185.
Martincová, J., & Lukešová, M. (2015). Critical Thinking as a Tool for Managing Intercultural Conflicts. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 171, 1255-1264. doi:10.1016/j.sbspro.2015.01.239
Michalopoulou, A. (2014). Inquiry-Based Learning through the Creative Thinking and Expression in Early Years Education. Creative Education, 5, 377-385. doi: 10.4236/ce.2014.56047
Mulyani, E. (2007). Kaidah Penulisan Soal. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/ Endang/Mulyani/M.Si./Evaluasi/Kaidah/Penulisan/Soal.pdf. Diakses 24 April 2016.
Nur, M. (2013). Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter. Kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unlam dengan Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) Unesa. Universitas Negeri Surabaya, 17-19 Januari 2013.
Nurtantiin (2009). Upaya Penyusunan Bahan Ajar Mata Pelajaran Al-quran dan Hadist di MAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2008/2009. http://digilib.stainponorogo.ac.id/files/disk1/6/ stainpress-11111-nurtantiin-257-2-bab-v.pdf. Diakses 27 Januari 2016.
Olukayode, O. J. (2012). Inquiry Method, Teacher Guided Discussion Method and Student’s Attitude and Performance in Social Studies. Global Journal of Management and Business Research, 12(15), 54 - 59.
Panjaitan, M. B.; Nur, M. & Jatmiko, B. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis Proses Kreatif-Inkuiri untuk Mengembangkan Berpikir Kreatif dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa SMP. Prosiding Nasional Tahun 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya, 788-808.
Permendikbud. (2013). Lampiran II Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.
Plomp, Tj. & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), 23-26, 2007.
Reeves, Th. C.; McKenney, S. & Herrington, J. (2010). Publishing and Perishing: The Critical Importance of Educational Design Research. Proceedings Ascilite Sydney, 787-794.
Rofiah, A., Rustana, C.E., & Nasbey, H. (2015). Pengembangan buku pengayaan pengetahuan berbasis kontekstual pada materi Optik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2 (4): 1-4.
Rusmini (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Klasifikasi Benda Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Sadikin, A., Kamid, K., & Hariyadi, B. (2013). Profil Berpikir Kritis Mahasiswa Tipe Phlegmatis dalam Pemecahan Masalah Biologi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 2(2).
Setyowati, T.; Zaini, M. & Aminuddin, P. P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPASMP Menggunakan Model Inkuiri Topik Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang, 676-682.
SeyihoÄŸlu, A., & Kartal, A. (2010). The Views of the Teachers about the mind mapping technique in the Elementary Life Science and Social Studies Lessons Based on the Constructivist Method. Kuram ve Uygulamada EÄŸitim Bilimleri/Educational Sciences: Theory & Practice, 10(3), 1637-1656.
Supiati (2015). Pengembangan Perangka tPembelajaran Biologi-MA Topik Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Tesis tidak diterbitkan, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Suratsih. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Penelitian Unggulan Uny (Multitahun) Tahun Anggaran 2010 FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Taghva, F., Rezaei, N., Ghaderi, J. & Roghaye Taghva, R. (2014). Studying the Relationship between Critical Thinking Skills and Students’ Educational Achievement (Eghlid Universities as Case Study). International Letters of Social and Humanistic Sciences 25, 18-25.
Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education and Traning. London: Kogan Page.
Weinstein, D. (2014). Teaching Idea. Mind Maps: A Lesson in Creativity. The Utah Journal of Literacy, 17(1), 44-51.
Widoyoko, S., E., P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yana. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Topik Protista Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Tesis tidak diterbitkan, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Yunita, Erma. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP. Tesis tidak diterbitkan, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Zaini, M. & Ripani, A. (2015). Pembentukan Kader Konservasi Hutan Mangrove Melalui Modul Berbasis Kemanfaatan sebagai Bahan Makanan dan Minuman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya, 520-527.
Zaini, M. & Safitri, D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Konsep Protist untuk Melatihkan Keterampilan Proses dan Keterampilan Kinerja Kelas X Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2016 “Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi” Surabaya, Pascasarjana Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya.
Zaini, M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Proses Fisiologis Tumbuhan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di SMP. Landasan-Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 9(1).
Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The Development of Science-Biology Learning Instrument Oriented to Mangrove Forest for Junior High School Students. In Prosiding Seminar Biologi, 12(1), 134-141.

Downloads

Published

2019-06-19

Versions

How to Cite

Analisis Validitas Hasil Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Lingkungan Berstrategi Inkuiri dan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. (2019). BIODIK, 5(1), 31-47. https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6825

Issue

Section

Articles