Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Model Games “Antibody vs Antigen†Menggunakan RPG Maker MV pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Imun
Development of Mobile Learning Model Games Application "Antibody vs Antigen" Using RPG Maker MV on the Immune System material
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7870Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, RPG Maker MV, Sistem imun.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Role Play Game (RPG) Maker MV pada pembelajaran biologi materi sistem imun, mengetahui aktivitas pembelajaran menerapkan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV . mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV dengan siswa yang tidak , dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV . Penelitian ini menggunakan pendekatan riset dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Media yang dihasilkan merupakan media yang sangat valid dan sangat praktis. Aktivitas siswa memiliki persentase rata-rata 79,02% yang termasuk dalam kategori baik. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas yang menerapkan media berbasis RPG Maker MV dengan kelas yang tidak menerapkan RPG Maker MV. Siswa memberi respon positif terhadap penerapan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV pada pembelajaran Biologi.
Kata kunci :Media Pembelajaran, RPG Maker MV.
Downloads
References
Anggraeni, R. D dan Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA). 3 (1). 11-18.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke 14. Jakarta: Rineka Cipta.
Aripin, I. (2018). Mobile learning development of games based model using RPG Maker MV in ecosystem concept. ICMScE, 3, 29–34.
Ciampa, K. (2018). Learning in a mobile age: An investigation of student motivation. Journal of Computer Assisted Learning, 30(1), 82–96. https://doi.org/10.1111/jcal.12036
Ence Surahman, & Herman Dwi Surjono. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1).
Faturahman, A. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis RPG Maker mv untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA pada Materi Kingdom Animalia. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 2, 11.
Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, D. P., Herumurti, D., & Kuswardayan, I. (2017). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berjenis Puzzle, RPG dan Puzzle RPG Sebagai Sarana Belajar Matematika. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 15(2), 195. https://doi.org/10.12962/j24068535.v15i2.a663
Lubis, I. R dan Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembalajaran Kimis Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1 (2). 191-201.
Nadifah, L. U., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., … Matematika, P. P. (2018, June 7). Penegembangan Game “ Paduka. Exe†Berbasismaker Mv Sebagai Media Belajar Mandiri. Digilib.Uinsby.Ac.Id, p. 124. Retrieved from https://core.ac.uk/display/160021171
Perez, D. (2012). Beginning RPG Maker VX Ace. In Aprees (Vol. 1). https://doi.org/10.1007/978-1-4842-0784-0
Prasetyowati, D. (2016). Efektivitas Mobile Learning Pada Mata Kuliah Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. AKSIOMA, 6(Maret), 1–8. https://doi.org/10.26877/aks.v6i1/Maret.864
Sadikin, A., Nasrul H. (2019). Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4.0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students. Jurnal BIODIK, 5(2), 131-138.
Sarrab, M., & Elgamel, L. (2013). M-Learning n Environment. International Journal of Distributed and Parallel Systems (IJPDS), 3(4), 31–38. https://doi.org/10.1097/00152193-198709000-00017
Scepanovic, S. (2015). Game Based Mobile Learning – Application Development and Evaluation. ELearning, (September), 24–25.
Smaldino, et all. (2012). Intructional Technology and Media For Learning. USA : Pearson Education
Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Versions
- 2019-12-01 (1)
- 2019-12-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).