Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi
(The Feasibility of Students' Worksheet Based on Search, Solve, Create and Share Instructional Model in Fungi Practicum Material)
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9255Abstract
This research was motivated by Student Worksheets on Fungi Practicum Material which were categorised as incapable to provide opportunities for students to autonomously discover learning concepts. Material on Fungi requires active learning activities, such as observation, experiment and literature review. This study aims to seek the feasibility of Students’ Worksheets based on the SSCS (Search, Solve, Create and Share) Instructional Model according to expert review on Fungi Practicum in SMA Patra Mandiri 1 Palembang. This study applies quantitative descriptive method to assess the feasibility according to expert review (which includes three content validators, three material validators and two teachers) using questionnaires. The data analysis uses five scales (strongly impractical, impractical, sufficiently feasible, feasible and strongly feasible). The results show the total score of 94.67 (feasible) for validity on the learning content, 77 (feasible) on the learning material and 91 (strongly feasible) on the teachers. Revisions are made regarding to image clarity.
Abstrak.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum sesuainya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk praktikum pada materi Fungi sehingga belum mampu memberi kesempatan bagi peserta didik untuk dapat menemukan sendiri konsep-konsep yang peserta didik pelajari. Materi fungi merupakan materi yang membutuhkan peran aktif peserta didik dengan adanya pengamatan dan percobaan serta kajian literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) berdasarkan penilaiam Expert review pada praktikum materi Fungi kelas X SMA Patra Mandiri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk penilaian kelayakan berdasarkan Expert review (meliputi tiga validator bahan ajar, tiga validator materi, dan dua guru) dengan menggunakan angket. Analisis data mengacu pada modifikasi Azwar rentang skor 1-5 dengan interpretasi kelayakan (sangat tidak layak, kurang layak, cukup layak, layak dan sangat layak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan LKPD berdasarkan penilaian dari validator bahan ajar adalah 94,67 (layak), penilaian dari validator materi adalah 77 (layak) dan penilaian dari guru adalah 91 (sangat layak). Walaupun telah dinyatakan layak dan sangat layak namun terdapat revisi mengenai gambar yang perlu diperjelas lagi.
Downloads
References
BalRam, R. (2017). Pengaruh Metode Praktikum Disertai Feedback Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas X pada Materi Larutan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1–12.
Basri, U. K., Idris, I. D., Azis, A. A., Mu’nisa, A., Rahmawaty, Hala, Y., dan Jumadi, O. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Potensi Lokal pada Materi Fungi untuk Siswa Kelas X SMK. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 670–675.
Carolina, H. S., Sutanto, A., & Suseno, N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Perubahan Lingkungan Berbasis Model SSCS (Search, Solve, Create, Share) untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Didaktika Biologi, 1(2), 79–87.
Dewi, R., Budiarti, R. S., & Aina, M. (2017). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) bermuatan pendidikan karakter dengan model pembelajaran guided inquiry pada materi bakteri bagi siswa kelas x sekolah menengah atas. BIODIK, 3(1), 17-26. https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4878
Diniaty, A., dan Atun, S. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Industri Kecil Kimia Berorientasi Kewirausahaan Untuk SMK Artina. Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 46–56.
Elseria. (2016). Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendiidkan, 10(1), 109–121.
Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Pesert Didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Hidayati, N. (2012). Penerapan Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hidayati, U. (2013). Pemanfaatan Laboratorium IPA dan Bahasa pada Madrasah Aliyah Swasta. Edukasi, 11(1), 94–112.
Mujiarti, L. (2014). Pegembangan Buku Ajar Berbasis Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Kenampakan Alam dan Buatan Kelas V Semester I MI Islamiyah Jatisari Nganjuk. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Puspa, S., Lubis, W., & Rizkika, D. (2017). Efektivitas Penggunaan Laboratorium dalam pembelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Unggul Baitussalam. Semdi Unaya, (November), 418–428.
Purnama, M. E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palembang.
Putri, D., dan Mitarlis. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Mapping pada Materi Laju Reaksi untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2), 340–348.
Rahmatika, F. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, and Share pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca dan Arthropoda. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Rahmatika, F., & Alimah, S. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, and Share pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca dan Arthropoda. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 1–8.
Rahmi, L. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Meaningful Learning disertai Peta Konsep pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Nur El-Islam, 4(1), 65–77.
Sa’diyati, F. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Materi Jamur Berbasis Kinerja Siswa. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Saputra, A., Sumarjono, & Purwaningsih, E. (2014). Pengaruh model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share dengan Metode Resitasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang. Skripsi Universitas Negeri Malang.
Sobiroh, A. (2006). Pemanfaatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMA Se-Kabupaten Banjarnegara Semester 1 Tahun 2004/2005. Skripsi Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-03 (1)
- 2020-06-03 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).