Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLDV dan SPLTV)

Development of Realistic Mathematic Education (RME) Based Interactive Learning Media on Two-Variable Linear Equation System and Three Variable Linear Equation System (SPLDV and SPLTV)

Authors

  • Erma Suryani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v10i1.11751

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel (SPLDV dan SPLTV) serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran yang telah dibuat. Jenis peneltian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Penelitian ini mengacu pada pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembuatan media pembelajaran dan pemberian angket untuk mengetahui persepsi siswa. Dari hasil pengembangan yang dilakukan terhadap media pembelajaran, didapat hasil angket persepsi siswa dengan rerata dari 10 butir pertanyaan adalah 80,06% dan dikategorikan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel (SPLDV dan SPLTV) di MAN 2 Kota Jambi dalam kategori baik dan mendapat respon positif dari siswa.

Kata Kunci : Pengembangan Media, Realistic Mathematic Education (RME)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Suryani, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLDV dan SPLTV): Development of Realistic Mathematic Education (RME) Based Interactive Learning Media on Two-Variable Linear Equation System and Three Variable Linear Equation System (SPLDV and SPLTV). Cerdas Sifa Pendidikan, 10(1), 1-15. https://doi.org/10.22437/csp.v10i1.11751