Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi.

Authors

  • UGI NUGRAHA JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2640

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dilapangan terlihat banyak permasalahan dalam proses perkuliahan mahasiswa Prodi PORKES Universitas Jambi. Masih banyak mahasiswa yang belum memperoleh prestasi belajar yang baik.Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor eksternal danfaktor internal.Faktor internal berupa persepsi mahasiswa, sikap mahasiswa, dan motivasi belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan persepsi, sikap dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.

Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis korelasional, populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PORKES angkatan tahun 2012 yang berjumlah 140 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 72 orang. Dalam Penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling.Instrument yang digunakan adalah quisioner persepsi, quisioner sikap dan quisioner motivasi belajar.Data yang diperoleh dianalisis korelasi sederhana dan regresi sederhana untuk hipotesis satu, dua dan tiga selanjutnya korelasi ganda dan regresi ganda.

Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa Porkes Universitas Jambi,  (2) tidak terdapat hubungan yang berarti antara sikap mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa PORKES UNJA, (3) terdapat hubungan yang berarti antara motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa PORKES UNJA, (4)  tidak terdapat hubungan yang berarti antara persepsi mahasiswa, sikap mahasiswa, dan motivasi belajar mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa PORKES UNJA.

Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa,Sikap Mahasiwa,Motivasi mahasiswa, dan Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-01 — Updated on 2015-03-01

Versions

How to Cite

NUGRAHA, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2640