This is an outdated version published on 2015-03-01. Read the most recent version.

Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berlatih Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola SSB Padang Junior.

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2641

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan menunjukkan bahwa masih rendahnya keterampilan bermain sepakbola pemain SSB Padang Junior.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode latihan global, metode latihan elementer, dan motivasi berlatih terhadap keterampilan bermain sepakbola.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu menggunakan rangcangan faktorial 2x2.Populasi penelitian ini adalah pemain SSB Padang Junior yang berjumlah 140 orang.Kelompok sampel diambil secara purposive sampling. Sampel perlakuan dalam penelitian ini adalah 48 orang pemain, setelah dilakukan pembagian kelompok 27% tingkat motivasi berlatih tinggi dan 27% tingkat motivasi berlatih rendah. Instrument motivasi berlatih diukur dengan menggunakan angket dan keterampilan sepakbola menggunakan tes keterampilan sepakbola yang terdiri dari empat bentuk tes yaitu dribbling, short passed, shooting at the goal, dan ball control.Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey.

Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) metode latihan global lebih efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan bermain sepakbola dibandingkan dengan metode latihan elementer, (2) motivasi berlatih tinggi lebih efektif dari pada motivasi berlatih rendah untuk meningkatkan keterampilan bermain sepakbola. (3) terdapat interaksi antara metode latihan dan motivasi berlatih terhadap keterampilan bermain sepakbola, (4) pada tingkat motivasi berlatih tinggi, metode latihan global lebih efektif dibandingkan dengan metode latihan elementer untuk meningkatkan keterampilan bermain sepakbola, dan (5) pada tingkat motivasi berlatih rendah, metode latihan elementer lebih efektif dibandingkan dengan metode latihan global untuk meningkatkan keterampilan bermain sepakbola.

Kata Kunci : Metode Latihan Global,metode Latihan Elementer,Motivasi Berlatih, dan Keterampilan Bermain Sepakbola.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-01

Versions

How to Cite

Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berlatih Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola SSB Padang Junior. (2015). Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2641