Survei Minat Siswa Terhadap Popularitas Materi PJOK di SMA Negeri 4 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v13i2.35771Keywords:
Minat Siswa, Popularitas, Materi PJOKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap materi yang paling populer di antara siswa kelas XI selama mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa SMA Negeri 4 terhadap popularitas konten PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 1.296 siswa, diambil sampel kelas XI yang terdiri dari 375 siswa. Dari siswa yang mengikuti pembelajaran PJOK, materi bulutangkis memiliki persentase tertinggi dengan 206 siswa (54.9%), diikuti oleh materi renang dengan 89 siswa (23.7%), futsal atau sepakbola dengan 53 siswa (14.2%), lari jarak menengah dengan 11 siswa (3%), kebugaran jasmani dengan 9 siswa (2.4%), bola tangan dengan 4 siswa (1.1%), senam irama dengan 2 siswa (0.5%), dan senam lantai dengan 1 siswa (0.3%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa minat siswa terhadap materi PJOK kategori bola besar (sepak bola, basket, voli, dan futsal) berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 14.2%. Minat siswa terhadap materi PJOK kategori bola kecil (bulutangkis) berada pada kategori sedang dengan persentase 54.9%, dan minat siswa terhadap materi PJOK kategori senam lantai berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 0.8%.Downloads
References
Alhogbi, B. G., Arbogast, M., Labrecque, M. F., Pulcini, E., Santos, M., Gurgel, H., Laques, A., Silveira, B. D., De Siqueira, R. V., Simenel, R., Michon, G., Auclair, L., Thomas, Y. Y., Romagny, B., Guyon, M., Sante, E. T., Merle, I., Duault-Atlani, L., Anthropologie, U. N. E., … Du, Q. (2018). Gender and Development, 120(1), 0–22.
Angreni, S., & Sari, R. T. (2017). Ketersediaan Dan Pemanfaatan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA Di SD Negeri Kecamatan Nanggalo Kota Padang. JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 234–242. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/557
Aritonatonang, keke t. (2018). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(10), 11–21.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fiesta, E. N., & Kartiko, D. C. (2023). Survei Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran PJOK Di SMAN 1 Menganti Ellahira. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 11(2), 13–18. file:///C:/Users/USER/Downloads/51210-Article Text-104006-1-10-20230516.pdf
Keiser, S., & Tortora, P. G. (2022). Hot Pants. The Fairchild Books Dictionary of Fashion, 76–76. https://doi.org/10.5040/9781501365287.1359
Mashud, Mulhim, H. M., & Abdillah, S. (2020). Sistem Pendidikan Jasmani Di Indonesia Dan Sistem Pendidikan Jasmani Di Jepang. Kinestetik, 4(1), 55–62.
Puspita, O. S. (2019). Metode Penelitian. Metode Penelitian Ilmiah, 84(2019), 487–492. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933
Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta. Rineka cipta.
Slameto (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Slameto. 2015. Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Cipta.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta. Rineka cipta.
Slameto (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, D., & Asra. (2017). Landasan Pengembangan Kurikulum. Kurikulum Dan Pembelajaran, 3(September 2017), 83–107.
Suprayogo, Imam, & Tobroni. (2014). Metodelogi Penelitian Agama. Metodologi Penelitian, 102.
Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tâm, T., Và, N. C. Ứ U., Giao, C. Ể N., Ngh, C., & Chu, Ẩ N B Ụ I. (2016). No Title No Title No Title. 01, 1–23.
Tengah, L. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(September), 72–79
Tinggi, S., Islam, A., Ulama, N., & Alamat, J. (2013). PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP KEHIDUPAN KELUARGA Syamsul Hadi Thubany. Pengaruh Pendidikan Terhadap Kehidupan Keluarga Sosiologi Reflektif, 8(1), 237–268. http://www.
Yusuf Hidayat, A. S. A. G. T. J. (2023). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pendidikan Jasmani Olahraga, 8(1), 27–34. http://ejournal.upi.edu/index.php/penjas/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Intan Febrianti, Atri Widowati, Ahmad Muzaffar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.