Survei Minat Siswa Terhadap Popularitas Materi PJOK di SMA Negeri 4 Kota Jambi

Authors

  • Nur Intan Febrianti Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Atri Widowati Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Ahmad Muzaffar Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v13i2.35771

Keywords:

Minat Siswa, Popularitas, Materi PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap materi yang paling populer di antara siswa kelas XI selama mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa SMA Negeri 4 terhadap popularitas konten PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 1.296 siswa, diambil sampel kelas XI yang terdiri dari 375 siswa. Dari siswa yang mengikuti pembelajaran PJOK, materi bulutangkis memiliki persentase tertinggi dengan 206 siswa (54.9%), diikuti oleh materi renang dengan 89 siswa (23.7%), futsal atau sepakbola dengan 53 siswa (14.2%), lari jarak menengah dengan 11 siswa (3%), kebugaran jasmani dengan 9 siswa (2.4%), bola tangan dengan 4 siswa (1.1%), senam irama dengan 2 siswa (0.5%), dan senam lantai dengan 1 siswa (0.3%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa minat siswa terhadap materi PJOK kategori bola besar (sepak bola, basket, voli, dan futsal) berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 14.2%. Minat siswa terhadap materi PJOK kategori bola kecil (bulutangkis) berada pada kategori sedang dengan persentase 54.9%, dan minat siswa terhadap materi PJOK kategori senam lantai berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 0.8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhogbi, B. G., Arbogast, M., Labrecque, M. F., Pulcini, E., Santos, M., Gurgel, H., Laques, A., Silveira, B. D., De Siqueira, R. V., Simenel, R., Michon, G., Auclair, L., Thomas, Y. Y., Romagny, B., Guyon, M., Sante, E. T., Merle, I., Duault-Atlani, L., Anthropologie, U. N. E., … Du, Q. (2018). Gender and Development, 120(1), 0–22.

Angreni, S., & Sari, R. T. (2017). Ketersediaan Dan Pemanfaatan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA Di SD Negeri Kecamatan Nanggalo Kota Padang. JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 234–242. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/557

Aritonatonang, keke t. (2018). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(10), 11–21.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fiesta, E. N., & Kartiko, D. C. (2023). Survei Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran PJOK Di SMAN 1 Menganti Ellahira. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 11(2), 13–18. file:///C:/Users/USER/Downloads/51210-Article Text-104006-1-10-20230516.pdf

Keiser, S., & Tortora, P. G. (2022). Hot Pants. The Fairchild Books Dictionary of Fashion, 76–76. https://doi.org/10.5040/9781501365287.1359

Mashud, Mulhim, H. M., & Abdillah, S. (2020). Sistem Pendidikan Jasmani Di Indonesia Dan Sistem Pendidikan Jasmani Di Jepang. Kinestetik, 4(1), 55–62.

Puspita, O. S. (2019). Metode Penelitian. Metode Penelitian Ilmiah, 84(2019), 487–492. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta. Rineka cipta.

Slameto (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Slameto. 2015. Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Cipta.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta. Rineka cipta.

Slameto (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, D., & Asra. (2017). Landasan Pengembangan Kurikulum. Kurikulum Dan Pembelajaran, 3(September 2017), 83–107.

Suprayogo, Imam, & Tobroni. (2014). Metodelogi Penelitian Agama. Metodologi Penelitian, 102.

Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tâm, T., Và, N. C. Ứ U., Giao, C. Ể N., Ngh, C., & Chu, Ẩ N B Ụ I. (2016). No Title No Title No Title. 01, 1–23.

Tengah, L. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(September), 72–79

Tinggi, S., Islam, A., Ulama, N., & Alamat, J. (2013). PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP KEHIDUPAN KELUARGA Syamsul Hadi Thubany. Pengaruh Pendidikan Terhadap Kehidupan Keluarga Sosiologi Reflektif, 8(1), 237–268. http://www.

Yusuf Hidayat, A. S. A. G. T. J. (2023). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pendidikan Jasmani Olahraga, 8(1), 27–34. http://ejournal.upi.edu/index.php/penjas/index

Published

2024-11-29

How to Cite

Febrianti, N. I., Widowati, A., & Muzaffar, A. (2024). Survei Minat Siswa Terhadap Popularitas Materi PJOK di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 13(2), 195–204. https://doi.org/10.22437/csp.v13i2.35771

Most read articles by the same author(s)