Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 28-10-2020. Baca versi terbaru.

Sikap Siswa terhadap Video Pembelajaran Jarak Jauh Materi Statistika pada Media Sosial Youtube

Penulis

  • Enika Wulandari IAIN Salatiga
  • Wachid Nugroho SMK Negeri 2 Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10584

Kata Kunci:

sikap siswa, video pembelajaran, media sosial, statistika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap siswa kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga terhadap video yang difungsikan sebagai sarana pembelajaran jarak jauh materi statistika yang diunggah pada media sosial youtube. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui: 1) pengisian angket mengenai sikap siswa terhadap konten, sifat kontekstual, sifat interaktif, aksesbilitas, dan kemanfaatan video; dan 2) wawancara untuk melengkapi data angket. Data angket dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh kategori sikap siswa dan dikonfirmasi dengan data wawancara. Hasil penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) sikap siswa terhadap penggunaan video pembelajaran statistika yang diunggah pada media sosial youtube berada pada kategori cukup baik; 2) sikap siswa terhadap konten video berada pada kategori baik; 3) sikap siswa terhadap sifat kontekstual video berada pada kategori cukup baik; 4) sikap siswa terhadap sifat interaktif video berada pada kategori cukup baik; 5) sikap siswa terhadap aksesbilitas video berada pada kategori cukup baik;  6) sikap siswa terhadap kebermanfaatan video berada pada kategori cukup baik; 7) sikap siswa terhadap tampilan video berada pada kategori cukup baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azka, R. (2019). Media Sosial dan Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika, 5(1), 221–228.

Azwar, S. (2011). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (XII). Pustaka Pelajar.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741

Budiman, H. (2014). Pembelajaran Geometri Lingkaran dengan Metode Konvensional dan Pengaruhnya pada Siswa. Atikan: Jurnal Kajian Pendidikan, 4(1), 61–72. www.atikan-jurnal.com%0A61

Fahmi, S. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Jurnal AgriSains, 5(2), 166–191.

Fahmi, S., & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90–98.

Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 43–51. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667

Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154

Kusaeri, & Cahyan, E. D. H. (2016). Sikap, Harapan, dan Persepsi Siswa pada Matematika serta Implikasinya terhadap Kemampuan Regulasi Diri. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2), 114–121. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i2.818 SIKAP,

Lambertus, Ambarsari, M., & Maonde, F. (2016). Pengaruh Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 105–124.

Lestariningsih, L., & Sholichah, B. (2017). Pengaruh Sikap Siswa Pada Matematika terhadap Hasil Belajar Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 207–213. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1742

Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real Smk Teknologi & Rekayasa. Teorema, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.25157/.v2i1.571

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Mccoach, D. B., Gable, R. K., & Madura, J. P. (2013). Instrument development in the affective domain: school and corporate applications (3th editio). Springer.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93–105. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897

Rosita, N. T., & Jaenudin, A. (2016). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended terhadap Sikap Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I(1), 1–12. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.207

Saputri, M., Dwijanto, & Mariani, S. (2016). Pengaruh PBL Pendekatan Kontekstual Strategi Konflik Kognitif dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 77–83.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80

Unduhan

Diterbitkan

28-10-2020

Versi

Cara Mengutip

Enika Wulandari, & Wachid Nugroho. (2020). Sikap Siswa terhadap Video Pembelajaran Jarak Jauh Materi Statistika pada Media Sosial Youtube. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–9. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10584