Sikap Siswa terhadap Video Pembelajaran Jarak Jauh Materi Statistika pada Media Sosial Youtube
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10584Kata Kunci:
sikap siswa, video pembelajaran, media sosial, statistikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap siswa kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga terhadap video yang difungsikan sebagai sarana pembelajaran jarak jauh materi statistika yang diunggah pada media sosial youtube. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui: 1) pengisian angket mengenai sikap siswa terhadap konten, sifat kontekstual, sifat interaktif, aksesbilitas, dan kemanfaatan video; dan 2) wawancara untuk melengkapi data angket. Data angket dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh kategori sikap siswa dan dikonfirmasi dengan data wawancara. Hasil penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) sikap siswa terhadap penggunaan video pembelajaran statistika yang diunggah pada media sosial youtube berada pada kategori cukup baik; 2) sikap siswa terhadap konten video berada pada kategori baik; 3) sikap siswa terhadap sifat kontekstual video berada pada kategori cukup baik; 4) sikap siswa terhadap sifat interaktif video berada pada kategori cukup baik; 5) sikap siswa terhadap aksesbilitas video berada pada kategori cukup baik; Â 6) sikap siswa terhadap kebermanfaatan video berada pada kategori cukup baik; 7) sikap siswa terhadap tampilan video berada pada kategori cukup baik.
Unduhan
Referensi
Azka, R. (2019). Media Sosial dan Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika, 5(1), 221–228.
Azwar, S. (2011). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (XII). Pustaka Pelajar.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Budiman, H. (2014). Pembelajaran Geometri Lingkaran dengan Metode Konvensional dan Pengaruhnya pada Siswa. Atikan: Jurnal Kajian Pendidikan, 4(1), 61–72. www.atikan-jurnal.com%0A61
Fahmi, S. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Jurnal AgriSains, 5(2), 166–191.
Fahmi, S., & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90–98.
Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 43–51. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667
Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154
Kusaeri, & Cahyan, E. D. H. (2016). Sikap, Harapan, dan Persepsi Siswa pada Matematika serta Implikasinya terhadap Kemampuan Regulasi Diri. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2), 114–121. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i2.818 SIKAP,
Lambertus, Ambarsari, M., & Maonde, F. (2016). Pengaruh Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 105–124.
Lestariningsih, L., & Sholichah, B. (2017). Pengaruh Sikap Siswa Pada Matematika terhadap Hasil Belajar Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 207–213. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1742
Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real Smk Teknologi & Rekayasa. Teorema, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.25157/.v2i1.571
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Mccoach, D. B., Gable, R. K., & Madura, J. P. (2013). Instrument development in the affective domain: school and corporate applications (3th editio). Springer.
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705
Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93–105. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897
Rosita, N. T., & Jaenudin, A. (2016). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended terhadap Sikap Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I(1), 1–12. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.207
Saputri, M., Dwijanto, & Mariani, S. (2016). Pengaruh PBL Pendekatan Kontekstual Strategi Konflik Kognitif dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 77–83.
Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 29-10-2020 (2)
- 28-10-2020 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Enika Wulandari, Wachid Nugroho

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.