Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091Kata Kunci:
analisis, kesulitan belajar matematika, prinsip matematisAbstrak
Di dunia pendidikan masih ditemukan siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Kesulitan belajar matematika merupakan suatu kondisi, seseorang tidak mampu belajar matematika dengan baik terkait dalam menyebutkan hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan, kalkulasi, serta penerapan rumus. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menggunakan prinsip matematis pada materi determinan dan invers matriks. Kesulitan tersebut dianalisis berdasarkan indikator kesulitan belajar matematika dalam menggunakan prinsip matematis (1) kesalahan perhitungan atau operasi aljabar, (2) tidak mampu menentukan data yang relevan, dan (3) tidak dapat menerapkan rumus. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, dengan instrumennya tes dan wawancara. Deskripsi hasil analisis kesulitan belajar matematika dalam menggunakan prinsip matematis adalah pada indikator: (1) kesalahan penghitungan masih berada pada kriteria tingkat tinggi, sehingga kemampuan berhitung masih perlu ditingkatkan kembali khususnya dalam hal ketelitian, kecermatan, serta kehati-hatian; (2) ketidakmampuan menentukan data yang relevan berada pada kriteria tingkat sedang, namun kemampuan ini masih dapat ditingkatkan kembali dengan cara pembiasaan menuliskan hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan untuk mempermudah menyelesaikan permasalahan; dan (3) tidak dapat menerapkan rumus berada pada kriteria tingkat rendah, yang didominasi oleh siswa berkemampuan rendah. Kesulitan ini dapat diminimalkan dengan cara pembimbingan langsung oleh guru dan atau melalui tutor sebaya.
Unduhan
Referensi
Apriliawan, A., Gembong, S., & Sanusi, S. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Uraian Matematika Siswa MTs pada Pokok Bahasan Unsur-Unsur Lingkaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v1i2.480
Ardi, Z., Rangka, I. B., Ifdil, I., Suranata, K., Azhar, Z., Daharnis, D., Afdal, A., & Alizamar, A. (2019). Exploring the Elementary Students Learning Difficulties Risks on Mathematics Based on Students Mathematic Anxiety, Mathematics Self-Efficacy and Value Beliefs Using Rasch Measurement. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 032095. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032095
Dangnga, M., & Muis, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. https://scholar.google.com/scholar?cluster=16827700042778377319&hl=en&oi=scholarr
Fritz, A., Haase, V. G., & Räsänen, P. (2019). International Handbook of Mathematical Learning Difficulties: From the Laboratory to the Classroom. In International Handbook of Mathematical Learning Difficulties: From the Laboratory to the Classroom. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-97148-3
Hapizah. (2017). Kemampuan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Problem-Solving Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 124-131. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10163
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2). http://www.e-repository.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2075
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA. In Jurnal Pendidikan Matematika) (Vol. 1, Issue 1). https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232
Kusumaningrum, D. S., Arum, S., & Lestari, P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Diskrit Mahasiswa Teknik Informatika. In PRISMA (Vol. 8, Issue 2). https://doi.org/10.35194/JP.V8I2.717
Pramesti, C. (2019). Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Cakrawala Pendidikan, 23.
Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2020). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461-470. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.633
Surya, E., & Novriani, M. R. (2017). Analysis of Student Difficulties in Mathematics Problem Solving Ability at MTS SWASTA IRA Medan Comprarison of Mathematics Learning Outcome Student Thaught Using Guided Discovery with Problem Based Learning (PBL) In X Class of Senior High School MAS Nurul. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 63-75. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.
Syarifah, D. H. H., & Richanatus. (2017). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11(1). https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/109
Wang, G., Du, H., & Liu, Y. (2009). Case Study on Improving High School Students with Learning Difficulties in Mathematics. In Journal of Mathematics Education © Education for All (Vol. 2, Issue 2).
Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Meta-Ethnography). In Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (Vol. 9, Issue 1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/24806
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Cicik Pramesti, Ariesandi Prasetya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.