Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IX berdasarkan Gaya Belajar menurut David Kolb
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.11438Kata Kunci:
David Kolb, gaya belajar, kelas IX, literasi matematikaAbstrak
Tujuan penelitian ini ialah mengetahui karakteristik kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IX berdasarkan gaya belajar menurut David Kolb. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif analitis dengan subjek penelitian peserta didik kelas IX A SMP 4 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020. Hasil riset menyatakan bahwa Subjek Diverger Tinggi, Sedang dan Bawah mampu menyelesaikan permasalahan literasi matematika level 2, 3 dan 5. Subjek Assimilator Atas mampu menyelesaikan permasalahan literasi matematika level 2, 3, 4, 5 dan 6. Â Assimilator Tengah tuntas pada level 2, 3, 5 dan 6. Subjek Assimilator Bawah hanya tuntas pada level 2, 3, dan 5. Subjek Converger Atas mampu menyelesaikan literasi matematika level 2, 3, 4, 5, dan 6. Subjek Converger Tengah tuntas pada level 2, 5 dan 6 kemudian kurang mampu pada level 3. Converger Bawah tuntas pada level 2 dan 3 kemudiann kurang mampu pada level 4. Subjek Accomodator Atas mampu menyelesaikan permasalahan literasi matematika level 3, 4, 5, dan 6 kemudian kurang mampu pada level 2. Accomodator Tengah tuntas pada level 2 dan 3. sedangkan Accomodator Bawah hanya mampu menyelesaikan soal level 2 dan kurang mampu menyelesaikan permasalahan literasi matematika level 3.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakata: Bumi Aksara.
Azrai, E. P., & Sulistianingrum, E. G. (2017). Pengaruh Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accomodator) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9-16.
Fatkhiyyah, I. Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen, 5(2), 93-107.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2014). Gaya Belajar: Kajian Teoretik. II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamidah, K. N. & Rosyidi, A. H. (2016). Profil Penalaran Matematika Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 210-2019.
Johar, R. (2011). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1, 30-41.
Juliantari, S. (2013). Kurikulum 2013 untuk Siapa. Artikel Populer https://antikorupsi.org/id/news/kurikulum-2013-untuk-siapa.
Kolb, A. Y. & Kolb, D. A. (2005). Learning styles and learning spaces: Enhancing experiential learning in higher education. Academy of Management Learning and Education 4, 193 - 212.
Kolb, D. A. (1984). Experimental Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 20-38.
Kolb. D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Lange, J. D. (1991). Mathematics for Literacy: (In) Numerarcy. Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges. 75-89.
Ng, K. Y., Van Dyne, L., & Ang, S. (2009). From Experience to Experiential Learning: Cultural intelligence as a Learning capability for global leader development. Academy of Management Learning & Education, 8(4), 511-526.
OECD. (2016). Result From PISA 2015. Country Note, 1-8. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 713-20
Soleh, M. (2017). Pengaruh Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII Pada Materi Bangun Datar Di SMP Negeri 35 Batanghari,” Artikel Ilmiah Universitas Jambi, 1-9. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/721.
Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95-126.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan 27. Bandung: Alfabeta.
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-40.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Syifa'ul Furqon, Emy Siswanah, Dyan Falasifa Tsani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.