Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Patresya Nova Mainake Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
  • Christina M. Laamena Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
  • Magy Gaspersz Pendidikan Matematika Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.12863

Kata Kunci:

problem based learning (PBL), sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV)

Abstrak

Kemampuan siswa dalam memahami materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) masih menjadi masalah penting yang harus diselesaikan.  Guru sebagai pendidik perlu menggunakan berbagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMAN 6 Ambon yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi SPLTV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.  Sumber data adalah guru dan siswa kelas X-IPA1 SMAN 6 Ambon tahun ajaran 2019/2020 sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah 25 siswa.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar SPLTV yang telah divalidasi oleh ahli.  Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa.  Pada siklus I, hanya 11 siswa yang tuntas (44%) tetapi pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 siswa (76%).  Berdasarkan ketuntasan pada siklus I dan siklus II, maka terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 32%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Faqiroh, B. Z. (2020). Problem Based Learning Model for Junior High School in Indonesia (2010-2019). Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 8(1), 42-48. https://doi.org/10.15294/ijcets.v8i1.38264

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47-54. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305

Laamena, C. M. (2019). Strategi Scaffolding Berdasarkan Gaya Belajar dan Argumentasi Siswa: Studi Kasus pada Pembelajaran Pola Bilangan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(2), 085-092. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp085-092ar809

Laamena, C. M., Mataheru, W., & Hukom, F. F. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Swishmax dan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Prisma dan Limas. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 15(1), 029-036. https://doi.org/10.30598/barekengvol15iss1pp029-036

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Purwanto, N. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Ratumanan, T. G., & Matitaputty, C. (2017). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

S. Nasution. (2015). Didaktik Asas-asas Mengajar (6th ed.). JAKARTA: Bumi Aksara.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik-manik dan Sedotan) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22-23. Retrieved from http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/166/169

Yesaya, M. C., Mataheru, W., & Laamena, C. M. (2021). Cognitive Proficiency Analysis of Adventist High School Students Tenth-grade Aliciously Solve Linear Equations System of Two Variables Reviewed of Gender. Proceedings of the 1st International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICMMEd 2020), 550(Icmmed 2020), 457-461. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210508.104

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2021

Cara Mengutip

Mainake, P. N., Laamena, C. M., & Gaspersz, M. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 11–17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.12863