Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis

Penulis

  • Novita Astuti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Padrul Jana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Marsiyam Marsiyam SMK Negeri 4 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.15814

Kata Kunci:

ADDIE, etnomatematika, LKS, representasi matematis

Abstrak

Kemampuan representasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan siswa (LKS) dengan kriteria valid, praktis dan efektif berbasis etnomatematika yang secara spesifik dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. LKS tersebut dikembangkan dalam rangka memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa melalui gambar dan simbol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model ADDIE yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). LKS diuji cobakan kepada 32 siswa kelas 7B SMP N 1 Mlati tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pedoman wawancara, angket penilaian ahli materi dan ahli media, angket respon siswa dan guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan soal tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) LKS dinyatakan 'valid' dengan persentase skor rata-rata ahli 81,03% dengan kriteria sangat baik. (2) LKS dinyatakan 'praktis' dengan skor rata-rata angket respon pendidik dan siswa terhadap LKS yaitu 4,2 dengan kriteria baik, serta hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase skor rata-rata 92,33% dengan kriteria sangat baik. (3) LKS dinyatakan 'efektif' dengan persentase skor rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematis yaitu 76,92% dengan kriteria baik. LKS yang disusun memenuhi kriteria valid, praktis, dam efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729

Anintya, Y. A., Rochmad, & Mastur, Z. (2019). Representasi Matematis Bernuansa Etnomatematika dan Self Directed Learning. PRISMA, Prosiding Seminar …, 2, 899-904.

Bakhrodin, Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(2), 113. https://doi.org/10.25139/smj.v7i2.1921

Dewi, S. H., Susanto, & Lestari, N. D. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM ( National Council of Teachers of Mathematics ) di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika ( The Development of Instructional Design Standard NCTM ( National Council of T. Jurnal Edukasi, 2(3), 25-30. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.4365

Dominikus, W. S. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika (PMBE). Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2-3.

Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas 1 MI. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117-138. https://doi.org///dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i2.177

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.

Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Dalam Membangun Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 21. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.29609

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Koentjaraningrat. (2005). Pengantar Antropologi. PT Rineka Cipta.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.

Luthfiana, M., Friansah, D. ., & Marcicilia, B. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika (Budaya Lubuklinggau) Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed). Kluwer Academic Plubisher.

Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 91-101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 73-79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870

Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 467-474.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika MMasyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 1(18).

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Literasi, 7(2), 118-125. https://doi.org///dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. https://doi.org///dx.doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (27th ed.). Alfabeta.

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101

Syafri, F. S. (2019). Pengaruh kemampuan representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(May), 49-55.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1), 16. https://doi.org///dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Yulia, S., Buyung, & Relawati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bilangan di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika (Phi), 2, 61-70. https://doi.org///dx.doi.org/10.33087/phi.v2i1.28

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2022

Cara Mengutip

Astuti, N., Jana, P., & Marsiyam, M. (2022). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis . Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 180–194. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.15814