Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Tipe Kepribadian Sensing Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Ariabel

Penulis

  • Yelli Ramalisa
  • Wardi Syafmen

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i01.1586

Abstrak

Abstrak

Masalah utama dalam pendidikan di Indonesia adalah rendahnya hasil belajar siswa di sekolah, terutama dalam pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pengetahuan prosedural sangat penting dikuasai oleh siswa terutama dalam menyelesaikan soal matematika. Namun beberapa temuan penelitian menunjukkan pengetahuan prosedural siswa masih rendah.Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan prosedural siswa tipe kepribadian sensing dalam menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMPN 2 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa tipe kepribadian sensing kelas VIIIF tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian terdiri dari tes kepribadian, soal materi sistem persamaan linear dua variabel dan pedoman wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tipe kepribadian sensing telah menggunakan pengetahuan prosedural dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Kesalahan yang dialami siswa tipe kepribadian sensing dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel adalah kesalahan prosedur dalam melakukan operasi perkalian dan pengurangan. Kesalahan disebabkan karena siswa kurang teliti dalam melakukan operasi perkalian dan pengurangan. Untuk itu perlu pemberian latihan yang kontinu  untuk melatih ketelitian siswa.

Kata Kunci : pengetahuan prosedural, siswa tipe kepribadian sensing

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

15-04-2014 — Diperbaharui pada 15-04-2014

Versi

Cara Mengutip

Ramalisa, Y., & Syafmen, W. (2014). Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Tipe Kepribadian Sensing Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Ariabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i01.1586

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama