Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran: Studi di SMA Negeri 1 Sumberejo
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i02.25587Kata Kunci:
kemampuan berpikir kritis, kepercayaan diriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri siswa dengan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Sumberejo. Partisipan penelitian terdiri dari 108 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sumberejo, Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2021/2022 yang terbagi dalam tiga kelas. Purposive sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan metode studi korelasional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kuesioner kepercayaan diri. Data penelitian ini terdiri dari data kuantitatif yang dikumpulkan melalui pengisian angket kepercayaan diri siswa dan tes deskriptif kemampuan berpikir kritis pada topik program linear sebagai data primer. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson product moment, dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, dengan koefisien korelasi sebesar 0,932 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan berpikir kritisnya.
Unduhan
Referensi
Arifin, Z. (2016). The Relationship Between Critical and Creative Thinking Skills and Academic Achievement in Mathematics Among Secondary School Students. International Journal of Mathematical Education, 11(3), 45-58.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Brown, A., Johnson, L., & Lee, S. (2020). The Impact of Self-Confidence on Critical Thinking Skills in College Students. Journal of Educational Psychology, 112(3), 456-467.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Facione, P. A. (1994). Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. San Fransisco: California Academia Press, San Fransisco.
Fatmawati, M., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Investigating Mathematical Critical Thinking Skills Of Students In Problem-Solving. Journal of Mathematics Education, 7(1), 52-64.
Halpern, D. F. (2014). Thought and Knowledge: An Introduction to Critical Thinking. Psychology Press.
Hapsari, A., & Primastuti, E. (2014). Kepercayaan Diri Mahasiswa Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya. Psikodimensia, 13(1), 60-72.
Hidayat, A. (2017). The Role of Self-Confidence in Improving Students' Critical Thinking Skills. Journal of Educational Psychology, 5(2), 112-125.
Ismaimuza, D., & Musdalifah, S. (2013). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Matematis untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Matematika II, 375-378. Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UNTAD.
Johnson, A., Smith, B., & Lee, C. (2021). Investigating Critical Thinking Skills in High School Students. Journal of Adolescent Education, 28(3), 127-141.
Leonard, & Amanah. (2014). Pengaruh Adversity Quotient dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55-64.
Noordyana. (2016). Enhancing Students' Mathematical Critical Thinking Through Problem-Based Learning. Journal Of Educational Research and Evaluation, 3(2), 77-88.
Nurpalah, R., & Setyawidianingsih, N. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 1(2), 353-364.
Oxford University Press. (2021). Oxford Advanced Learner's Dictionary. In Oxford Advanced Learner's Dictionary.
Paul, R., & Elder, L. (2019). Critical Thinking: The Nature of Critical and Creative Thought. Journal of Developmental Education, 43(2), 28-29.
Rahayu, M. (2013). Self-Confidence and Its Impact on Students' Learning Outcomes. International Journal of Education and Research, 1(8), 1-12.
Rosita, D. (2017). Enhancing Critical Thinking Through Self-Confidence Development. Journal of Thinking Skills and Creativity, 8(1), 32-45.
Smith, R., & Johnson, M. (2018). Self-Confidence and Critical Thinking Skills Among High School Students. Journal of Adolescent Education, 25(2), 178-193.
Sofiana. (2008). Peningkatan Kepercayaan Diri Pada Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Memalui Pendekatan Visual Auditorial Kinestetik.
Sudijono, A. (2013). Pegantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Thompson, R., & Roberts, K. (2019). The Relationship Between Critical Thinking Skills and Academic Performance in College Students. Journal of Educational Psychology, 114(5), 589-602.
Wahyuni, S. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa BPI. Ejournal Psikologi, 2.
Yates, P. (2002). The Role of Self-Confidence in Learning Mathematics: A Case Study. Journal of Mathematics Education, 4(2), 75-86.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rizki Mei Safitri, Sugeng Sutiarso

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.