Pengaruh Penggunaan E-LKPD Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas VIII SMP

Penulis

  • Safaqa Ahmar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Slamet Soro Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i02.26352

Kata Kunci:

kemampuan penalaran matematis, lembar kerja peserta didik elektronik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan E-LKPD terhadap kemampuan penalaran siswa kelas VIII SMP saat belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluru peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 dan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang homogen, yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan VIII-E sebagai kelas kontrol dengan masing-masing 26 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran dalam materi bangun ruang sisi datar sebagai posttest dan soal pada instrument berbentuk uraian. Uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas dengan rumus Product-Moment pearson dan uji homogenitas dengan rumus Cronbach Alpha, uji Hipotesis menggunakan uji-t dan dilanjut dengan pengujian pengaruh menggunakan uji effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peserta didik pada kelas kontrol. Dampak pemanfaatan E-LKPD terhadap kemampuan penalaran peserta didik tergolong sedang pada pembelajaran matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Program Linier Bercirikan Problem Based Learning Untuk Membangun Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1-7. Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/discerns-special-education-teachers-about-access/docview/2477168620/se-2?accountid=17260%0Ahttp://lenketjener.uit.no/?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ%3Aed

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA Konten Geometri. Numeracy, 7(2). https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167

Ayal, C. S., Kesuma, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2016). The enhancement of mathematical reasoning ability of junior high school students by applying mind mapping strategy. Journal of Education and Practice, 7(25), 50-58.

Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science , technology , engineering , and mathematics ( STEM ) subjects on students ‘ learning : A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education, 12(5), 23-38.

Bombang, V., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. P. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII SMPN 17 Malang. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(1), 27-41.

BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA / MA (Standards of Content for Elementary and Secondary Education Unit: Standard of Competence and Basic Competence for High Schools and Madrasah Aliyah). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cronbach, L. J. (1951). Coefficient alpha and the internal structure of tests. Psychometrika, 16(3), 297-334. https://doi.org/10.1007/BF02310555

Guilford, J. P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education: 3d Ed. McGraw-Hill.

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337-348.

Hayati, H. S., Astuti, P., & Febrian, F. (2022). Electronic Student Worksheets Based on Rigorous Mathematical Thinking for Sequence and Series Materials in Senior High School. Jurnal Gantang, 7(2), 185-197. https://doi.org/10.31629/jg.v7i2.5331

Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414

Izzah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Meta analisis effect size pengaruh bahan ajar IPA dan fisika berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114-130.

Munika, R. D., Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Disertai Kuis Interaktif Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 201-214. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.201-214

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Genta Mulia, 11(1), 6-12.

Nurazhaar, H. I. (2019). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. JURNAL PEKA, 2(2), 36-42. https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1112

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Sandu Siyoto, & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Subekti, M. A. S., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing interactive electronic student worksheets through discovery learning and critical thinking skills during pandemic era. Mathematics Teaching-Research Journal, 13(2), 137-174.

Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020), 284-287. Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048

Tariani, K., Suastra, I. W., & Astawan, I. G. (2022). Pengembangan E-LKPD IPA berbasis Catur Asrama Kelas V. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 94-104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.563

Umaroh, U., Novaliyosi, N., & Setiani, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 61-70.

Wijaya, N. O. P., & Hidayat, H. (2022). Development of e-LKPD Based on Real Problems in Theory Statistics Data Class VI SDN 101868 Sena Village. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 132-147. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.16815

Wulansari, R. D., & Nuryadi. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 338-344. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Diterbitkan

31-08-2023

Cara Mengutip

Ahmar, S., & Soro, S. (2023). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas VIII SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 114–125. https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i02.26352