“Saya Sangat Mampuâ€: Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Komputer Pada Matakuliah Analisis Data
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2667Abstrak
Kemampuan menganalisis data diperlukan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Mahasiswa belajar menganalisis data pada matakuliah Statistika Dasar dan Analisis Data. Pembelajaran konvensional belum dapat mendorong mahasiswa untuk memahami makna konsep-konsep Statistika dan memiliki kemampuan menganalisis data. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang terintegrasi dengan dua perangkat lunak yaitu Minitab dan Microsoft Excel pada matakuliah Analisis Data. Hasilnya menunjukkan bahwa 81% mahasiswa memiliki motivasi untuk menyelesaikan masalah secara mandiri. Ada 71% mahasiswa yang semula takut belajar menjadi senang dalam belajar setelah mengikuti matakuliah Analisis Data. Selain itu, semua mahasiswa memiliki kemampuan dalam menganalisis data. Salah satu mahasiswa berkata, “saya sangat mampu†pada saat peneliti memintanya untuk menganalisis data dengan komputer di depan kelas.
Kata Kunci: Perangkat lunak komputer, Analisis data, Pembelajaran berbasis masalah, Statistika
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 01-06-2023 (1)
- 01-06-2023 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2015 Jackson Pasini Mairing

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.