Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Komik Matematika Berbasis Pembelajaran Berbasis Masalah
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i03.29309Kata Kunci:
kemampuan literasi matematis, komik matematika, problem-based learningAbstrak
Kemampuan siswa Indonesia dalam literasi matematis tergolong dalam taraf rendah, ini ditunjukkan dari beberapa hasil survey PISA. Hal yang menyebabkan rendahnya kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia adalah kurangnya penerapan model pembelajaran dan media yang mendukung kemampuan literasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa melalui penerapan komik matematika berbasis problem-based learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas VIII.1 pada salah satu sekolah di Batanghari yaitu SMPN 21 Batanghari. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa tes kemampuan literasi matematis berjumlah 5 butir soal essay. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dari 25 siswa yang mengikuti tes kemampuan literasi matematis, sebanyak 11 siswa atau 44% siswa memiliki kemampuan literasi matematis tingkat tinggi, sebanyak 14 siswa atau 56% siswa memiliki kemampuan literasi matematis tingkat sedang dan tidak ada siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis tingkat rendah. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa setelah belajar dengan menggunakan komik matematika berbasis problem-based learning masuk dalam kategori kemampuan literasi matematis tingkat sedang yang dilihat dari perolehan nilai rata-rata tes kemampuan literasi matematis siswa yaitu sebesar 79,72.
Unduhan
Referensi
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45-46. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113-5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Astuti, A. D. K. P. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 37. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7359
Fikriani, T., & Swetherly Nurva, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 11-24. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.25
Fitriyani, Y., Eliyanti, M., & Lestari, M. A. (2021). The Application of Comic Media to Improve Literature Ability in Understanding Mathematics Story Problems in Elementary School. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 168-179. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a5.2021
Gunadi, F., & Aisah, L. S. (2019). Comic’s Mathematics Learning (CML): Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 128-138. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i2.113
Hidayat, R., Murni, A., & Roza, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3017-3027. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.373
Khotimah, K., & Aini, K. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 90-99. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9840
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63-73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Mujawal, W. A., Bani, A., & Nani, K. La. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1-14. https://doi.org/10.33387/dpi.v7i1.1221
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49-61. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7903
Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VII SMPIT Insan Harapan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 33. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.270
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing. www.oecd.org
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75-80. https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i2.957
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Rakasiwi, N. (2019). Pengembangan media komik dengan metode picture and picture untuk meningkatkan keterampilan literasi matematika kelas IV. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 60-70. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3741
Safitri, I. A., & Wijayanti, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 401-409. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.777
Syahwela, M. (2020). Pengembangan Media Komik Matematika SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 534-547. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.235
Syifani, M. A., & Siregar, T. J. (2023). Perbedaan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Medan pada Soal Cerita yang diajarkan dengan Problem Based Learning dan Konvensional. Euclid, 10(1), 76-87. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.8526
Usman, M. R., & Kristiawati, K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Penguasaan Materi Prasyarat. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 79-94. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5463
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Novferma Novferma, Febbry Romundza, Indah Pristy Yenzi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.