Permainan Ular Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Campuran Siswa SDN Langenharjo 02
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i01.31568Kata Kunci:
matematika, permainan ular tangga, prestasi belajarAbstrak
Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mempelajari Matematika. Operasi campuran merupakan salah satu materi yang sulit dipahami. Pendidik harus menggunakan model pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan media Permainan Ular Tangga. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran dengan permainan yaitu ular tangga. Metode pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Langenharjo 02, Kabupaten Sukoharjo dengan banyak siswa 13 orang. Sebanyak 10 butir soal digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur prestasi belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II. Rerata yang dihasilkan pada siklus I sebesar 27,69, pada siklus II dihasilkan nilai rata-rata sebesar 73,08, dan pada siklus III didapatkan rata-rata 96,92. Gain score yang didapatkan sebesar 0,627 dan persentase peningkatan sebesar 62,7% pada siklus I dan siklus II. Kemudian pada siklus II dan siklus III menghasilkan gain score sebesar 0,885 dengan persentase 88,5%. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Langenharjo 02 melalui permainan ular tangga.
Unduhan
Referensi
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2). https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035
Allathifah, A. U., Afghohani, A., & Wulandari, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13102
Angga putra, A., Susanto, H. A., & Hidajat, D. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika dengan Sistem Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VII dan Kelas VIII SMP Tahfizh Al-Ittiba’ Klaten Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 7(1). https://doi.org/10.53565/pssa.v7i1.288
Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(2).
Atiaturrahmaniah, Ibrahim, D. S. M., & Kudsiah, M. (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD (Fahrurrozi, ed.). Lombok Timur NTB: Universitas Hamzanwadi Press. Retrieved from https://eprints.hamzanwadi.ac.id/586/1/BUKU%20AJAR.pdf
Atikah, & Kuswendi, U. (2022). Pembelajaran Pecahan Senilai Melalui Teori Dienes di Kelas IV SDN 195 Isola Kota Bandung. Journal of Elementary Education, 05.
Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1540
I Nanda, H Sayfullah, R. P. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif (M. P. . Dr. Adirasa Hadi Prasetyo, ed.). Penerbit Adab.
Imelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2014). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2).
Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Indriani, Anissa Niken Tina Paramitha, D. D. P. N. (2022). Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Fpb Dan Kpk Melalui Media Pakonta Dengan Teori Dienes. PEDIR: Journal Elementary Education, 1(2), 12–18. Retrieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/article/view/70/70
Kartikaningtyas, D., Yulianti, D., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Media Game Ular Tangga Bervisi Sets Tema Energi Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Untuk Mengembangkan Karakter Dan Aktivitas Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 3(3).
Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3). https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785
Lider, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1).
Nurmala, Sukayasa, & Paloloang, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas V SDN 20 Toli-Toli pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9).
Permana, I. M. D., & Tobing, D. H. (2019). Peran Intensitas Bermain Game Online dan Pola Asuh Permisif Orangtua Terhadap Tingkat Agresivitas pada Remaja Awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01). https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p14
Pratama, D., Susanto, H. A., & Exacta, A. P. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Berbasis Lesson Study Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.571
Rahmatin, A., & Marzuki, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Kelas 3 Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.572
Sujarwo, S. (2015). Pendidikan di Indonesia Memprihatinkan. Jurnal Ilmiah WUNY, 15(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3528
Susanto, H. A., Hidajat, D., Hobri, & Jatmiko, D. D. H. (2020). Cognitive Description of Students in Mathematics Learning Through Lesson Study. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012067
Sustiyono, A. (2021). Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah dan Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan. Faletehan Health Journal, 8(02). https://doi.org/10.33746/fhj.v8i02.241
Widiati, Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4). https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240
Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Relasi Rekurensi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14263
Zakiah, I. R., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.362
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Vemas Dwi Agustino, Herry Agus Susanto, Andhika Ayu Wulandari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.