Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Penulis

  • Eritha Dewi Febrianty Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suhendra Suhendra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syifa Mardliyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ikbal Pauji Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i01.31976

Kata Kunci:

kemampuan berpikir reflektif, pembelajaran matematika, sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)

Abstrak

Kemampuan berpikir reflektif matematis merupakan salah satu kemampuan tingkat tinggi yang mampu menunjang kemampuan berpikir matematis lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan siswa memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa (KBRMS) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes kemampuan berpikir reflektif dan wawancara. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP yang telah mempelajari materi SPLDV dengan teknik penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan, dan verfikikasi. Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis ini berdasarkan indikator-indikator kemampuan berpikir reflektif matematis yaitu reacting, elaborating dan contemplating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu menguasai indikator reacting dan elaborating ketika dihadapkan pada soal yang biasa ditemuinya, sedangkan untuk indikator contemplating siswa masih mengalami beberapa kesulitan ketika dihadapkan pada soal yang memiliki bentuk berbeda dari yang biasa dicontohkan, kesulitan dalam memahami permasalahan serta menentukan konsep materi yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut, ditunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa belum terpenuhi secara optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Basuki, K. H., & Farhan, M. (2023). Kontribusi Berpikir Fleksibilitas Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 9(1), 135–142. Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6529

Connelly, L. M. (2010). What is Phenomenology? Medsurg Nursing : Official Journal of the Academy of Medical-Surgical Nurses, Vol. 19. https://doi.org/10.1111/j.1747-9991.2007.00113.x

Deringöl, Y. (2019). The Relationship Between Reflective Thinking Skills and Academic Achievement in Mathematics in Fourth-Grade Primary School Students. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 6(3), 613–622. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1246598

Dewey, J. (1933). How We Think: A Restatement of the Relation Between Reflective Thinking to the Educatative Process. In D.C. Heath and Company.

Dinata, F. T., Rusyid, H. K., Fatimah, S., & Herman, T. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1301–1312. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17648

Erdogan, F. (2020). The Relationship Between Prospective Middle School Mathematics Research, &(1), 220-241. https://doi.org/10.17275/per.20.13.7.1

Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1). Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5737

Kamalia, M., & Nuriadin, I. (2021). Analysis of the Mathematical Reflective Thinking Ability of MTs Students in Terms of Self-Regulated Learning During the COVID-19 Pandemic. Desimal: Jurnal Matematika, 4(2), 165–176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/djm.v4i2.9375

Karaoglan-Yilmaz, F. G., Ustun, A. B., Zhang, K., & Yilmaz, R. (2023). Metacognitive Awareness, Reflective Thinking, Problem Solving, and Community of Inquiry as Predictors of Academic Self-Efficacy in Blended Learning: A Correlational Study. Turkish Online Journal of Distance Education, 24(1), 20–36. https://doi.org/10.17718/tojde.989874

Kariadinata, R., & Abdurahman, M. (2015). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. In Buku Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kholid, M. N., Sa’dijah, C., Hidayanto, E., & Permadi, H. (2020). How are Students’ Reflective Thinking for Problem Solving? Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1135–1146. https://doi.org/10.17478/JEGYS.688210

Kholid, M. N., Telasih, S., Pradana, L. N., & Maharani, S. (2021). Reflective Thinking of Mathematics Prospective Teachers’ for Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012102

Kilpatrick, J. (2010). Helping Children Learn Mathematics. In Academic Emergency Medicine (Vol. 7). Washington DC: The National Academies Press. Retrieved from https://nap.nationalacademies.org/catalog/10434/helping-children-learn-mathematics

Mentari, N., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209

Mudakir, N. F., Suratno, J., & Angkotasan, N. (2020). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear. Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3635

Muntazhimah, M., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2021). The Relation Between Prior Knowledge and Students’ Mathematics Reflective Thinking Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012043

National Council of Teachers of Mathematics. (2020). Excecutive Summary Principles and Standards for School Mathematics. In The Arithmetic Teacher (Vol. 29). Retrieved from https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf

Nuriadin, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2015). Enhancing of Students’ Mathematical Reflective Thinking Ability Through Knowledge Sharing Learning Strategy in Senior High School. International Journal of Education and Research, 3(9), 255–268. Retrieved from https://www.ijern.com/journal/2015/September-2015/21.pdf

Pauji, I., Febrianty, E. D., & Herman, T. (2023). Analysis of Context Utilization in Mathematics Learning Based on Teacher Competency. Jurnal Analisa, 9(1), 37–47. https://doi.org/10.15575/ja.v9i1.25644

Presseisen, & Barbara, Z. (1984). Thinking Skills: Meanings, Models, and Materials. National Institute of Education. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED257858

Ramadhani, N. F., & Aini, I. N. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2835

Sabandar, J. (2009). Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. UPI: Himpunan Matematika Indonesia, 1–17.

Salido, A., Suryadi, D., Dasari, D., & Muhafidin, I. (2020). Mathematical Reflective Thinking Strategy in Problem-Solving Viewed by Cognitive Style. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012150

Sihaloho, R., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1c), 736–741. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2726

Sümen, Ö. Ö. (2023). Reflective Thinking in The Problem-Solving Process: A Model Proposal. Sakarya University Journal of Education, 13(1), 6–23. Retrieved from https://dergipark.org.tr/en/pub/suje/issue/76975/970213

Syadid, RA. A. C. I., & Sutiarso, S. (2022). Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(1), 327. https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.2823

Syamsuddin, A. (2020). Describing Taxonomy of Reflective Thinking for Field Dependent-Prospective Mathematics Teacher in Solving Mathematics Problem. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3). Retrieved from www.ijstr.org

Umbara, F. D. A. D., & Herman, T. (2023). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Terbuka Ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1273–1285. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6807

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Febrianty, E. D., Herman, T., Suhendra, S., Mardliyah, S., & Pauji, I. (2024). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 61–71. https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i01.31976