Efektivitas Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Dan Missouri Mathematics Project Berbantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i02.3625Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan ratarata kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang
dikenai model pembelajaran TAPPS, MMP berbantuan software
GeoGebra dan model konvensional dan untuk mengetahui model
pembelajaran manakah yang lebih baik. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di
SMA Negeri 1 Bae Kudus. Sampel dalam penelitian ini diambil
dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 1 dan XI
MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas
kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
metode observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini adalah
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mendapatkan
model pembelajaran TAPPS dan MMP berbantuan software
GeoGebra lebih efektif dari model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: TAPPS, MMP, software GeoGebra, kemampuan
pemecahan masalah matematik
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2017-05-02 (1)
- 2017-05-02 (1)