Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 27-09-2017. Baca versi terbaru.

Studi Komparasi Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Strategi Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i02.3957

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi konvensional. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di Mts PAB 1 Medan Helvetia, menggunakan rancangan penelitian “Pretest Postest Control Grup Design†dengan melibatkan sampel sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas yang setara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji liliefors, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran tipe STAD lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

27-09-2017

Versi

Cara Mengutip

Studi Komparasi Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Strategi Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika. (2017). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 59–68. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i02.3957