Pengembangan Media Pembelajaran Menggnakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika

Authors

  • Maiata Devi Ariska Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun
  • Wasilatul Murtafi’ah Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4622

Abstract

Media pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam memperoleh informasi yang mudah dipahami untuk mencapai tujuan pembelajaran, mengembangkan pengetahuannya serta memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan Adobe flash berbasis metakognisi guna mengetahui tingkat kualitas media dan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D sampai pada tahap ketiga, yaitu define, design, and develop. Peneliti menetapkan subjek penelitian yaitu kelas X SMK. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)  media pembelajaran menggunakan Adobe flash berbasis metakognisi valid (98,03 %). 2) media pembelajaran menggunakan Adobe flash berbasis metakognisi untuk meningkatkan motivasi praktis(73,22 %). 3) media pembelajaran menggunakan Adobe flash berbasis metakognisi untuk meningkatkan motivasi efektif (77,90 %). Jadi, media pembelajaran menggunakan Adobe flash berbasis metakognisi yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam pembelajaran materi fungsi komposisi dan fungsi invers untuk meningkatkan motivasi SMK Cendekia Madiun.

 

Kata Kunci: Media pembelajaran; Adobe Flash; Metakognisi; Motivasi

 

 

               Learning media can help students in obtaining information that is easy to understand to achieve learning objectives, develop knowledge and provide a meaningful learning experience. This research is a development research that aims to produce instructional media using Adobe flash based on metacognition in order to know the quality level of media and to improve student's learning motivation. This research refers to the 4-D development model up to the third stage, ie define, design, and develop. Researchers set the subject of research that is class X SMK. The results of this study are as follows: 1) learning media development using Adobe flash based on metacognition to increase motivation is valid (98.03 %). 2) learning media development using Adobe flash-based metacognition to increase motivation is practical ( 73.22 %). 3 learning media development using Adobe flash  based on metacognition to increase motivation is effectiv (77,90 %). Thus, learning media using Adobe Flash  based on metacognition developed by the researchers deserve to be used in learning the material of composition function and inverse function to improve the motivation of SMK Cendekia Madiun.

 

Keywords: Learning media; Adobe Flash; Metacognition; Motivation

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-22 — Updated on 2018-05-22

Versions

How to Cite

Ariska, M. D., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggnakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 83-97. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4622