Pengembangan LKS Berbasis Konteks Lubuklinggau di Tinjau dari Segi Kevalidan dan Kepraktisan
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7668Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SMP N 8 Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan diketahui lembar kerja siswa (LKS) yang digunakan guru merupakan LKS siap pakai yang diperoleh dari penerbit, LKS tersebut memuat rumus, contoh soal disertai pembahasan, tampilan LKSnyapun kurang menarik. LKS dari penerbit tidak relevan dengan konteks lokal daerah setempat, untuk itu dibutuhkan LKS yang dapat memfasilitasi siswa dengan mengedepankan kesesuaikan terhadap konteks lokal . Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKS yang valid dan praktis menggunakan pendekatan matematika realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini menggunakan metode reseach and development menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Tekni pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik angket kevalidan yang diberikan kepada tiga orang ahli yakni ahli bahasa, materi dan media. Angket yang diberikan kepada tiga orang ahli dianalisis untuk mengetahui kevalidan LKS yang dikembangkan. Berdasarkan hasil angket yang diberikan diperoleh skor rata-rata 3,13 LKS berada pada kategori valid. Kepraktisan LKS diketahui dengan memberikan angket kepraktisan kepada siswa pada tahap one to one, small group dan kelompok besar. Angket kepraktisan tersebut selanjutnya dianalisis guna mengetahui sejauh mana kepraktisan LKS yang dikembangkan. Berdasarkan uji kepraktisan LKS yang dikembangkan berada pada kategori praktis dengan skor rata-rata 3,25.
Kata kunci : LKS, konteks Lubuklinggau
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 26-04-2020 (1)
- 26-04-2020 (1)