Pengaruh Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Berbantu Alat Peraga Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.9340Kata Kunci:
Concrete Representational Abstract, kerangka bangun ruang, Kemampuan Representasi MatematisAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh Pengaruh Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Berbantu Alat Peraga Kerangka Bangun Ruang Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menengah Pertama (SMP) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis Quasy Experimental dengan tipe Post-Test Only Design, Non Equivalent Group Design Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 180 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 64 peserta didik dari kelas VIII-E dan VIII-F. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Cluster Random Sampling. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen terlebih dahulu di uji coba di SMP Negeri 222 Jakarta untuk 60 peserta didik pada kelas IX-B dan kelas IX-C. Penelitian ini menggunakan uji normalitas, dan data yang diperoleh berdistribusi normal. Sehingga dilakukan uji hipotesis menggunakan uji F menghasilkan Z hitung sebesar 5,0198 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan Effect Size sebesar 1,479yang tergolong tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Berbantu Alat Peraga Kerangka Bangun Ruang Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa dengan kriteria Tinggi.
Kata Kunci: Concrete Representational Abstract, Kerangka Bangun Ruang, Kemampuan Representasi Matematis.
Unduhan
Referensi
Arvianto, I., & Masduki, B. (2011). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Konsep Siswa Dengan Pendekatan Intruksional Concrete Representational Abstract(CRA). Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta, 173.
Azmi, M. P. (2017). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (Cra) Berbasis Intuisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp . Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau .
Flores, M. M. (2010). Using the Concrete-Representational-Abstract Sequence to Teach Subtraction With Regrouping to Students at Risk for Failure. Hammill Institute Journal, 195.
Juniati, N., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear di Madrasah Negri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika UNTAN Potianak, 2.
Kebudayaan, K. P. (2013). Kompetensi Isi 2012. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .
Munawarah, A. R., & Priatna, D. (2017). Pengaruh Pendekatan Concrete Representational Abstract (Cra) Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Antologi Upi.
Mustofa, K. (2019). Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal of Islamic Primary Education.
NCTM (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston: NCTM.
Nugroho, S. A., & Jailani. (2019). The Effectiveness of Concrete Representational Abstract Approach (CRA) Approach and Problem Solving Approach on Mathematical Representation Ability at Elementary School. KnE Social Sciences, 35.
Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melaui Peneraoan Model Pembelajaran Novick. Jurnal Pedidikan Teknik Informatika , 282.
Sudjana, N., & Rivai. (2019). Media Pengajaran. Bandung: SBAlgesindo.
Witzel, B. S., Riccomini, P. J., & Schneider, E. (2008). Implementing CRA With Secondary Students With Learning Disabilities In Mathematics Intervention . In School And Clinic, 270.
Yuniarti, Y. (2016). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 2.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 29-10-2020 (3)
- 29-10-2020 (2)
- 28-10-2020 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Normalita Isnaeni, Andi Sessu, Windia Hadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.